Tanggul Sungai Bondoyudho Jebol, 300 KK di Kecamatan Rowokangkung Kebanjiran

Tanggul Sungai Bondoyudho Jebol, 300 KK di Kecamatan Rowokangkung Kebanjiran Tim TRC PB mengevakuasi korban banjir di Kecamatan Rowokangkung. Hingga sekarang banjir belum juga surut.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten seharian kemarin (2/4), membawa dampak bencana. Dusun Genitri Kidul, Desa Rowokangkung dan Dusun Weangurejo, Desa Sidorejo, Kecamatan Rowokangkung tergenang banjir akibat luapan air sungai Bondoyudho dan Sungai Kapal Keruk.

Pelaksana Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten , Agus Budianto mengatakan,, air sungai meluap sejak malam kemarin hingga pagi tadi akibat hujan deras yang mengguyur Kecamatan Jatiroto selama seharian.

Baca Juga: Pramuka Lumajang Buka Suara Usai Nama Baiknya Dicatut Thoriq Soal Pengelolaan Donasi Semeru

"Air sungai langsung menggenangi wilayah pemukiman warga dan lahan pertanian tebu milik PG Jatiroto Dusun Wungurejo," katanya, Senin (03/04).

Sebanyak 300 rumah warga di dua Dusun tergenang banjir dengan ketinggian genangan air bervariasi, mulai dari 30 centimeter hingga 50 centimeter. "Lumayan tingginya banjir, sampai masuk ke rumah-rumah warga," katanya.

Agus mengatakan, luapan banjir disebabkan tanggul Sungai Bondoyudho jebol sepanjang 20 meter sehingga air sungai meluber ke perkampungan warga dan lahan pertanian. Selain itu, ada dua titik lain jebol, yang mengakibatkan banjir di wilayah Kabupaten Jember.

Baca Juga: Kamis Pagi ini, Gunung Semeru Alami Erupsi Abu Vulkanik Setinggi 700 Meter

"Meluapnya sungai Bondoyudho dan Sungai Kapal Keruk yang tidak mampu menampung debit air. Air terus naik meluap ke jalan dan perumahan warga," ungkapnya.

BPBD sudah menerjunkan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana untuk mendata dan mengevakuasi warga. Berdasarkan pendataan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Meski begitu, beberapa warga yang sakit dirujuk ke Puskesmas Rowokangkung.

"Warga sakit langsung evakuasi ke Puskesmas terdekat," ungkap Agus. Hingga detik ini, genangan banjir belum surut.

Baca Juga: Santuni Korban Longsor Lumajang, Pj. Gubernur Jatim Pastikan Pencarian Korban Terus Dilakukan

Mendengar kabar terjadi genangan banjir di Kecamatan Towokangkung, Bupati Drs. As'at Malik, M.Ag, meninjau lokasi genangan banjir bersama SKPD setempat. Bupati juga memberikan bantuan berupa makanan siap saji kepada warga terdampak. Selain itu, BPBD mendistribusikan air bersih dan membuka posko bantuan.

"Bencana Banjir tidak bisa diprediksi. Saya mengimbau agar warga tetap menjaga kewaspadaan," pesan Bupati.

Kecamatan Rowokangkung merupakan daerah langganan banjir setiap musim hujan. Meski telah dilakukan normalisasi maupun perbaikan tanggul sungai, namun daerah yang berpenghuni mayoritas menggantungkan hidup dari pertanian tebu itu tetap menjadi langganan banjir. Hal ini karena daerah tersebut, lebih rendah dari pada sungai Bondoyudho dan Sungai Kapal Keruk.

Baca Juga: Satu Korban Tanah Longsor Tambang Pasir Lumajang Ditemukan, BPBD Hentikan Pencarian Sementara

Menurut Bupati, genangan banjir yang terjadi merupakan bencana terkecil daripada bencana bencana sebelumnya. Sebab telah dilakukan normalisasi sungai sebelumnya.

Meski demikian, pihaknya meminta kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan. Terutama membuang sampah pada tempatnya. "Banjir kiriman terkecil dari sekian bencana yang terjadi di Kecamatan Rowokangkung, andaikan kita sebelumnya belum melakukan normalisasi sungai dan pembuatan tanggul di Dusun Genitri. Mungkin luapan bisa satu meter atau lebih," pungkasnya. (ron/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Duel Maut Dengan Kades Sukosari, Perangkat Desa Jatiroto tersabet Celurit Hingga Usus Keluar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO