Meriah, IPNU-IPPNU Senori Kembali Menggelar Festival Tongklek

Meriah, IPNU-IPPNU Senori Kembali Menggelar Festival Tongklek Peserta tongklek saat berkeliling menghibur masyarakat. foto: AHMAD/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Kecamatan Senori kembali menggelar festival tongklek, Kamis (22/6) malam. Kali ini, ada sebanyak 26 peserta yang mengikuti festival yang telah digelar secara rutin sejak tahun 2002 ini. Mereka berasal dari beberapa wilayah, seperti Kecamatan Senori, Bangilan, Singgahan dan Montong.

Acara yang dibuka oleh Forkompimcam Senori ini dimulai pukul 21.00 WIB hingga 01.00 WIB.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam festival kali ini para peserta keliling dari desa ke desa. Namun sebelum berkeliling, peserta tongklek diwajibkan menampilkan lagu wajib di hadapan pantia dan dewa juri.

Sementara rute keliling festival kali ini, start dari lapangan Kecamatan Senori, menuju perempatan Senori, kemudian melewati jalur Desa Wanglu Kulon dan Wanglu Wetan. Selanjutnya, kembali menuju Desa Jatisari dan finish di lapangan Kecamatan Senori.

Wakil Ketua PC IPPNU Kabupaten Tuban, Siti Mukhodimah Hasim menyampaikan, festival tongklek merupakan agenda tahunan dan serentak dilakukan oleh IPNU-IPPNU di Kabupaten Tuban. "Alhamdulillah kegiatan tongklek ini selalu digelar setiap tahunnya di bukan ramadhan," katanya.

Hal senada diungkapkan Ketua PAC IPNU Senori, Muis. Ia bersyukur karena pelaksanaan festival tongklek berjalan tertib, aman dan meriah. "Untuk juara 1 diraih oleh grup Kembang Kelana asal Montong, Juara 2 grup Rahayu Lestari asal Montong, dan juara 3 diperoleh peserta asal Singgahan," ujar Muiz.

Di sisi lain, Kapolsek Senori AKP Ahmad Kusrin mengungkapkan pihaknya menerjunkan sekitar 1 pleton personel guna menjaga keamanaan dan ketertiban selama festival tongklek. "Seluruh personel diterjunkan pada acara ini, karena dikhawatirkan ada tawuran atau tindakan kriminal lainnya. Sebab, sebelumnya pernah ada tawuran yang melibatkan dua kelompok antar pemuda. Sehingga, festival ini dijaga betul oleh pihak keamanaan," tegasnya.

Selain kepolisian, tampak juga puluhan banser turut mengamankan festival ini. (ahm/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO