Ratusan Pemuda di Rengel Ikuti Diklatsar Akademi Banser

Ratusan Pemuda di Rengel Ikuti Diklatsar Akademi Banser Anggota Banser Rengel saat mengikuti diklat. foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sekitar 203 pemuda dari berbagai daerah se-Kecamatan Rengel memadati lapangan Desa Pekuwon, Kecamatan setempat, untuk mengikuti pendidikan latihan dasar (Diklatsar) Akademi Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang diadakan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Rengel, Kamis (4/8).

Beberapa materi disampaikan dalam diklatsar itu, di antaranya pengetahuan dasar tentang Ke-NU-an, Kebanseran, Aswaja, dan Amaliyah-Amaliyah NU. Materi-materi tersebut diberikan supaya peserta dapat membentengi diri dari paham radikal.

Ketua PAC GP Ansor Rengel, M Mudzir mengatakan, Akademi Banser ini sebagai upaya strategis pendidikan kader muda militan Nahdlatul Ulama (NU) agar mampu mengemban amanah untuk menghadapi tantangan di masa depan.

"Materi dasar ke-NU-an diberikan supaya mereka bisa membentengi diri mereka dari paham radikal yang dapat memecah Persatuan dan Kesatuan NKRI," jelas Mudzir.

Lebih lanjut, diklatsar ini juga diharapkan mampu membangun kesadaran pada diri kader muda tentang An-Nahdliah li-Indonesia, sebagai spirit dan energi gerakan.

"Diklatsar ini juga untuk membentuk kader yang memiliki kapasitas kepemimpinan gerakan, demi meneruskan cita-cita organisasi dan perjuangan para Ulama NU. Secara organisasi, kegiatan ini bertujuan menyiapkan kader-kader pemimpin tingkat menengah dalam tubuh GP Ansor," pungkasnya.

Peserta diklatsar yang bakal berlangsung selama tiga hari tersebut merupakan angkatan kedua. Di dalamnya terdapat dua agenda besar, yakni Diklatsar Banser dan Bakti Sosial penebaran 10.000 bibit ikan Nila di Waduk Ngerong Pekuwon. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO