Mulai Punah, LSM Sarinah Gencar Turun ke Desa-desa Latih Warga Membatik Khas Gresik

Mulai Punah, LSM Sarinah Gencar Turun ke Desa-desa Latih Warga Membatik Khas Gresik Siti Muafiyah (dua dari kiri) ketika mengajari cara membatik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Banyaknya batik khas Gresik yang sudah mulai punah karena tak banyak generasi penerus melestarikannya, menjadi perhatian Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Sarinah Kabupaten Gresik.

LSM yang dinahkodai para kaum hawa ini gencar turun ke desa-desa untuk menggugah minat masyarakat akan membatik khas Gresik.

"Diakui atau tidak, banyak batik khas Gresik yang diwariskan oleh mbah-mbah yang hilang karena tidak ada yang melestarikannya," ujar Ketua , Ir. Hj. Siti Muafiyah kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (22/10/2017).

"Untuk itu, saat ini Sarinah intens mengadakan pelatihan membatik. Kami juga memberikan pelatihan menjahit," katanya.

Adapun peserta pelatihan ini berasal dari kalangam ibu-ibu dari berbagai kecamatan. Saat ini ada 40 peserta yang mendapatkan pelatihan. Mereka diajari membuat pola gambar di kain, mencanting, pewarnaan, nemboki, melepas lilin dan finishing.

"Soal biaya Sarinah yang menanggung," jlentrehnya.

Bagi mereka yang sudah bisa membatik, diminta untuk memproduksi di rumah masing-masing meski tetap dalam pengawasan dan bimbingan Sarinah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO