Puskesmas Tegalombo yang Buang Limbah Sembarangan ternyata Lolos Akreditasi

Puskesmas Tegalombo yang Buang Limbah Sembarangan ternyata Lolos Akreditasi Salah satu bukti limbah medis milik UPT Puskesmas Tegalombo yang sempat ditemukan pemulung. Foto: istimewa

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan dibuat geram atas tindakan pelanggaran disiplin yang ‎dilakukan oknum pegawai Puskesmas Tegalombo. Diberitakan sebelumnya, oknum staf Puskesmas tersebut diduga membuang limbah medis tidak pada tempatnya, Selasa (31/10) kemarin.

Padahal, unit pelaksana teknis (UPT) layanan kesehatan tingkat pertama yang dinahkodai dr. Rosid Ashari itu lolos dalam usulan akreditasi tingkat madya tahun ini. 

Baca Juga: Di Balik Polemik IPAL Pasar Minulyo, DLH Pacitan Pastikan Belum Ada Dokumen Lingkungan

Menurut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekkab Pacitan, Jony Maryono, sebagai puskesmas yang lolos dalam proses akreditasi, pasti memiliki dokumen lingkungan seperti halnya UKL/UPL yang berkaitan dengan pengelolaan limbah medisnya.

"Bisa jadi ini kesalahan prosedur yang dilakukan staf. Tidak semestinya hal itu terjadi, sebab SOP-nya sudah sangat jelas dan tegas dalam hal pengelolaan limbah medis," ujarnya, Rabu (1/11). 

BERITA TERKAIT:

Baca Juga: Anggota Paguyuban Pasar Minulyo Pertanyakan Fungsi IPAL, Ini Jawabannya

Mantan Kepala Kantor Lingkungan Hidup ini memandang perlu adanya penelusuran lebih lanjut atas tindakan pelanggaran disiplin tersebut. Meski begitu, dia masih berpikiran positif kalau Puskesmas Tegalombo sudah menerapkan pengelolaan limbah sebagaimana ketentuan regulasinya. 

"Kasus ini memang tidak akan masuk ranah pidana. Sebab secepatnya dinas terkait sudah melakukan langkah-langkah evakuasi. Sehingga limbah berbahaya tersebut bisa diamankan. Mungkin tindakan pelanggaran disiplin pegawai yang akan dikenakan bagi pelanggarnya," tegas Jony.

Sementara itu pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Pacitan, dr. Eko Budiono, belum bisa memberikan keterangan apapun. Saat dikonfirmasi, ia mengaku masih memimpin rapat internal di Puskesmas Tegalombo. (yun/ian)

Baca Juga: Dokter Jehan Beri Pengobatan Gratis setiap Jumat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO