DPP Gerindra Lirik Fandi Utomo jadi Cawagub Jatim

DPP Gerindra Lirik Fandi Utomo jadi Cawagub Jatim Ir. Fandi Utomo, Anggota F-PD DPR RI dari daerah pemilihan Surabaya dan Sidoarjo. foto: M DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sejumlah partai di luar PDIP dan PKB saat ini tengah membahas kandidat untuk menandingi duet Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas yang sudah resmi berpasangan. Partai Gerindra salah satu partai yang kini tengah menjaring nama untuk digadang sebagai kandidat Calon Wakil Gubernur Jawa Timur di Pilgub 2018.

Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria mengakui, saat ini DPP sedang membahas kandidat Cawagub Jatim. Dari proses survei, penelitian dan diskusi, maka dipilih dua nama yang akan direkomendasi partai. Dua nama itu berasal dari internal dan eksternal. Dari internal dipilih Soepriyatno, sedangkan dari eksternal adalah Fandi Utomo, anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI dapil Jatim.

“Jadi ada dua opsi nama dari DPP, dari internal Soepriyatno dan Fandi Utomo dari eksternal partai,” terang pimpinan Komisi II DPR RI itu, Jumat (3/11).

Riza mengungkapkan, Gerindra melirik Fandi Utomo karena yang bersangkutan adalah figur yang cukup dikenal di Jawa Timur. Terbukti, Fandi mendapat mandat dari warga Jawa Timur untuk menjadi wakil mereka di parlemen.

Selain itu, Fandi juga punya pengalaman dan jam terbang yang tinggi sebagai politikus. Hal itu menjadi modal penting untuk bertarung di kompetisi seketat Pilgub, apalagi Jatim memiliki wilayah yang luas dan jumlah pemilih yang besar. Karena itu perlu figur yang berpengalaman.

“Fandi Utomo itu juga pernah menjadi Calon Wali Kota Surabaya pada pilkada 2010. Beliau punya pengalaman dan basis massa sebagai politisi,” tutur mantan Cawagub DKI pada Pilkada 2012 ini.

Komandan Nasional Resimen Mahasiswa Indonesia ini menambahkan, untuk kader internal pilihan jatuh ke Soepriyatno. Sebab, ia adalah Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur, sekaligus salah satu kader terbaik Gerindra di Jatim.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO