​Menpora: Santri Itu Kreatif Hingga Bikin Presiden FIFA Kagum

​Menpora: Santri Itu Kreatif Hingga Bikin Presiden FIFA Kagum Menpora Imam Nahrawi dalam acara Maulud Nabi di PP.Arroudloh, Tambak Rejo, Paserepan, Pasuruan, Senin (20/11).

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Menteri Pemuda dan Olahraga () mendesak pemerintah agar santri diberi keleluasaan untuk mengembangkan potensinya. Imam Nahrowi menandaskan bahwa santri itu tidak hanya pandai kitab kuning dan Qur'an, dalam sepak bola pun mereka kreatif. 

"Santri itu punya karakter multi talenta yang luar biasa, termasuk kekreatifan mereka dalam berkarya juga tidak kalah dengan lainnya," ucapnya kepada BANGSAONLINE dalam acara Maulud Nabi di PP.Arroudloh, Tambak Rejo, Paserepan, Pasuruan, Senin (20/11).

Baca Juga: Pembukaan ASEAN University Games 2024, Pj Adhy: Kehormatan Bagi Jatim Jadi Tuan Rumah

Cak Imam, sapaan akrab , mencontohkan kreatif santri dalam bidang olahraga. Di pondok tersebut kebanyakan tidak ada halaman luas untuk sepak bola, waktu di pondok tersebut juga tidak ada jadwal untuk sepak bola. Namun saat dia menggagas Liga Santri yang diikuti sebanyak 800 pesantren se-Indonesia, taktik dan siasat santri sangat luar biasa meskipun tanpa pelatih. "Hingga Presiden FIFA kagum melihat kehebatan Santri saat pertandingan sepak bola," ungkapnya.

Padahal menurut Cak Imam, santri itu bermain sepak bola hanya sekadar dibuat pelampiasan kejenuhan mereka dalam aktivitas di pondok. "Mereka merasa jenuh kepingin sepak bola tidak ada bola, akhirnya kain bekas sarung dibuntel untuk di buat alat tendang sebagai gantinya bola," tuturnya.

Nahrawi menjelaskan bahwa itulah potensi dan kreatif santri. Mereka bisa mengimbangi keadaan meskipun fasilitas dan waktu kegiatannya terbatas. Karena itu, ia berencana di masing-masing pesantren tersebut diadakan olimpiade supaya mendorong mereka untuk berinovasi mengembangkan potensi dan kreasinya. (afa/ian)

Baca Juga: Imam Nahrawi Bebas dari Lapas Sukamiskin, Usai Jalani 7 Tahun Penjara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO