Waspada, Jalur Menuju Pacitan Rawan Longsor

Waspada, Jalur Menuju Pacitan Rawan Longsor Kondisi ruas jalan Pacitan-Purwantoro yang tergenang banjir. (istimewa).

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Banjir dan tanah longsor di Pacitan menyebabkan beberapa ruas jalan milik Pemprov Jatim tak bisa dilalui.‎ Salah satunya ruas jalan menuju Desa Jati Malang, Kecamatan Arjosari.

Budi Hari Santoso, Kasie Pembangunan Jalan dan Jembatan (PJJ) UPT PJJ Dinas PU dan Bina Marga Pemprov Jatim wilayah Pacitan mengatakan bahwa jalur Pacitan-Purwantoro yang melintasi Kecamatan Nawangan memang rawan terjadi longsor besar.

Baca Juga: Tanah Longsor Kembali Melanda Sejumlah Wilayah di Pacitan

"Saat ini satu ruas jalan, tepatnya dipertigaan menuju pemandian banyu anget dan Nawangan tidak bisa dilalui lantaran tertutup genangan air bah. Selain itu ruas jalan Arjosari-Purwantoro, tepatnya batas Jateng (Link.137) juga tertutup total sampai saat ini," katanya, Selasa (28/11/2017).

"Sementara di sepanjang jalur dari Pacitan hingga Nawangan, masih terdapat gunturan-gunturan kecil. Akan tetapi dengan intensitas hujan yang begitu lebat, tidak menutup kemungkinan longsor besar akan terjadi," jelasnya pada pewarta.

Namun Budi memastikan jika sejauh ini jalur Pacitan-Ponorogo masih relatif aman. Meski, di Dusun Pajaran, Desa Arjosari, juga masih tergenang banjir bandang.

Baca Juga: Abrasi Bantaran Sungai Grindulu di Desa Mentoro Ancam 64 Kepala Keluarga

"Kita sudah siagakan dua alat berat di sejumlah titik. Jalur Pacitan-Purwantoro kita standby-kan satu backhoe di Desa Gondang Kecamatan Nawangan. Dan di jalur Pacitan-Ponorogo, satu unit loder kita standby-kan di Gedangan," tandasnya. (yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO