Petrokimia Gresik Sabet 3 Platinum dan 1 Gold dalam Indonesian CSR Award

Petrokimia Gresik Sabet 3 Platinum dan 1 Gold dalam Indonesian CSR Award Mewakili Dirut PG, PgS Kabag Bina Lingkungan Dep. CSR Lilik Zuhaid menerima penghargaan dari ICA 2017. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - PT (PG) kembali menerima penghargaan di bidang Corporate Social Responsibility (CSR) yang diselenggarakan oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD) dalam ajang Indonesian CSR Award (ICA) 2017 di Jakarta, Kamis(30/11) malam. Dari empat judul program yang menjadi nominasi, tiga di antaranya meraih penghargaan kategori Platinum dan satu meraih kategori Gold.

Sebelumnya CFCD juga memberikan penghargaan Terbaik I kategori Perseorangan tingkat Manajemen sebagai Corporate Communication Officer kepada Sekretaris Perusahaan PG, Yusuf Wibisono, pada Selasa (28/11) lalu.

Baca Juga: PPPI Gelar Deklarasi, Ini Pesan Direktur Operasi dan Produksi Petrokimia Gresik

Sekretaris Perusahaan PG Yusuf Wibisono menyatakan, penghargaan Platinum diberikan kepada PG dengan judul program “Pemberdayaan dan Pembangunan Infrastruktur Pendukung Kegiatan Pendidikan Unggul PAUD Indah Sari di Kelurahan Tlogopojok Gresik” untuk kategori investasi sosial bidang infrastruktur. 

Begitu pula dengan program “Pemberdayaan Usia Muda Produktif berbasis Loka Latihan Keterampilan (LOLAPIL) -Menanam Benih Ketangguhan dan Keterampilan” meraih Platinum sebagai perwujudan dari kategori peningkatan pendapatan dan kekayaan.

"Serta program “Penyediaan Produk dan Jasa yang Aman bagi Pengguna dan Lingkungan Hidup berbasis Pupuk Petroganik” untuk kategori kepuasan konsumen," ujar Yusuf.

Baca Juga: Petrokimia Gresik Dukung Kemajuan Pertanian di Timor Leste

Sementara program lainnya, lanjut Yusuf, mendapat penghargaan Gold, program “Kampung Sehat Petrokimia Peduli-Setitik Cahaya sebagai Penyemangat Hidup” untuk kategori kesehatan.

Keempat program itu telah melalui serangkaian proses penilaian yang cukup ketat, mulai dari verifikasi dokumen awal, presentasi hingga site visit oleh tim penilai yang telah dilaksanakan pada Oktober lalu. "ICA 2017 ini diikuti oleh perusahaan/institusi dari berbagai sektor," ucapnya.

Menurut Yusuf, merupakan kali pertama bagi PG mengikuti ICA. Sebelumnya, PG telah sukses di ajang ISDA (Indonesian Sustainable Development Goals Award) yang sama-sama diselenggarakan oleh CFCD dengan memborong 2 Platinum, 1 Gold dan 2 Silver.

Baca Juga: Petrokimia Gresik Dukung Program Closed Loop Kemenko Perekonomian

Bedanya, penilaian dalam ISDA didasarkan pada pemenuhan poin berbasis SDGs dari tiap program, sedangkan penilaian ICA berdasarkan pemenuhan poin dan passing grade dari seluruh perusahaan di masing-masing sektor. 

Poin yang dinilai di antaranya terkait kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi serta keberlanjutan program. Rencananya, perhelatan rutin ini akan kembali digelar 3 tahun mendatang."Mudah-mudahan kedepan program CSR dapat semakin memberikan manfaat yang jauh lebih besar lagi kepada stakeholder," pungkas Yusuf. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO