Peringati HKP dan Hari Pangan se-Dunia, Bupati Malang Ajak Luaskan Pertanian

Peringati HKP dan Hari Pangan se-Dunia, Bupati Malang Ajak Luaskan Pertanian Bupati Malang Rendra Kresna dan M Nasri Abd. Wahid (sebelah kiri Bupati).

MALANG, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka Hari Krida Pertanian (HKP) ke-45 dan Hari Pangan se-Dunia ke-37, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura Dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Malang menggelar “Temu Usaha dan Gelar Produk Unggulan”, Kamis (7/12).

"Dari sisi luas pertanaman, Kabupaten Malang mengalami penurunan dibandingkan tahun 2016 lalu. Akan tetapi, jika dilihat dari sisi produksi tanaman padi tahun ini hasilnya lebih banyak," tutur Bupati Malang Rendra Kresna saat sambutannya. 

Baca Juga: Bupati Malang Resmikan Jalan Desa Babakan Sepanjang 500 Meter

Rendra mengajak untuk  meningkatkan luas pertanian itu, karena saat ini pertanian Kabupaten Malang menjadi salah satu yang diharapkan di Jawa Timur. "Dengan hasil produktivitas yang tinggi dan area luas tanah yang semakin meningkat,” ungkapnya.

Ditambahkannya, Pemkab Malang memiliki komitmen melakukan penguatan-penguatan melalui APBD, diharapkan untuk Kepala Dinas dan seluruh staf lebih meningkatkan kegiatan blusukan menyapa dan meninjau langsung kegiatan para petani di lapangan. "Kalau perlu, jadwal blusukan tersebut lebih banyak dibandingkan berada di kantor," kata bupati.

Hal itu ia maksudkan agar dapat banyak berkomunikasi dengan petani dan mendorong semangatnya. Pasalnya, Kabupaten Malang memiliki tanah cukup luas untuk terus dikembangkan.

Baca Juga: Tinjau Pasar Pakisaji, Bupati Malang Bagikan Doorprize dan Minyak Goreng

Sementara itu, Kepala DTPHP Ir. M. Nasri Abd. Wahid, M.Eng.Sc mengatakan, tujuan kegiatan Hari Krida adalah sebagai moment jajaran pertanian berkumpul, bergembira, mengevaluasi dan memberikan apresiasi untuk para petani yang selama setahun bercocok tanam di area pertanian. 

“Hari Krida dimaksudkan dapat menyadarkan kembali kepada kita betapa pentingnya mewujudkan kecukupan, ketahanan dan melakukan versifikasi pangan serta memfasilitasi antara produsen binaan kami dan para konsumennya," pungkasnya.

Pada kegiatan kali ini Bupati Malang juga menyerahkan penghargaan secara simbolis kepada Poktan (kelompok tani) berprestasi tahun 2017. (thu/ian)

Baca Juga: Bupati Malang Tinjau Pengerjaan Awal Ruas Jalan Gondanglegi Menuju Pantai Balekambang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO