Pak Halim: PKS Masih dalam Proses Bergabung dengan Koalisi Gus Ipul - Anas

Pak Halim: PKS Masih dalam Proses Bergabung dengan Koalisi Gus Ipul - Anas Abdul Halim Iskandar, Ketua DPW PKB Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kabar akan bergabungnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ke dalam gerbong pendukung pasangan calon Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas tak dibantah oleh Ketua DPW PKB Jawa Timur, Abdul Halim Iskandar. Politikus yang akrab disapa Pak Halim itu mengakui sudah ada proses komunikasi dan penjajakan dari PKS.

Namun, Ketua DPRD Jatim itu belum memastikan apakah partai dakwah itu akan bergabung ke dalam barisan pendukung Gus Ipul - Anas bersama PKB dan PDI Perjuangan. Sebab, prosesnya masih berjalan. Terpenting, lanjut Halim, pihaknya membuka diri kepada partai di luar PKB dan PDI Perjuangan untuk bergabung.

"Prosesnya masih berjalan, kita menunggu keputusan resmi dari PKS. Yang jelas kami menerima dengan tangan terbuka partai lain untuk bergabung. Makin banyak khan justru makin baik," imbuh politisi asal Jombang itu, Kamis (7/12).

Soal tidak terlibatnya fungsionaris PKS saat Gus Ipul - Anas mengumumkan ketua dan sekretaris Tim Pemenangan di Hotel Majapahit belum lama ini, menurut Halim memang karena belum ada keputusan resmi dari PKS untuk bergabung. Sampai saat ini DPP PKS belum mengeluarkan rekom untuk Pilgub Jatim.

"Tetapi, kalau nantinya PKS memberikan rekom kepada pasangan Gus Ipul - Anas, maka secara otomatis akan dilibatkan dalam struktur tim pemenangan. Toh, susunan tim pemenangan belum disetorkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim. Karena itu, belum baku dan permanen. Itu soal teknis, nanti tim pemenangan yang mengatur. Kalau PKS resmi bergabung, pasti dilibatkan dalam tim," ujar politikusi berlatar pendidik ini.

Sementara itu, keterangan yang lebih gamblang disampaikan Ketua DPP Bidang Dakwah Wilayah Jatim, Jateng dan Yogyakarta (Jatijaya), Sigit Sosiantomo. Menurut anggota Fraksi PKS DPR RI ini, PKS akan mendukung pasangan Gus Ipul - Anas. 

Alasannya, selama ini komunikasi intensif sudah dijalin antara PKS dengan Gus Ipul dan Anas.Sigit mengakui, rekom resmi dari DPP untuk mendukung Gus Ipul - Anas memang belum ada. Namun, anggota parlemen itu menilai hal tersebut hanya soal surat-menyurat. Karena itu dalam waktu dekat dirinya yakin surat rekom dari DPP PKS akan keluar untuk pasangan Gus Ipul - Anas.

"Saya kira tinggal masalah surat saja, prinsipnya kami dukung Gus Ipul - Anas. Selama ini komunikasi sudah baik, lebih baik dilanjutkan saja," pungkas anggota parlemen asal daerah pemilihan Surabaya dan Sidoarjo itu. (mdr/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO