Dukung Pengembangan Wisata, Pemkab Pasuruan Siapkan Rp 18 M Perbaiki Ruas Jalan Kecamatan Tutur

Dukung Pengembangan Wisata, Pemkab Pasuruan Siapkan Rp 18 M Perbaiki Ruas Jalan Kecamatan Tutur

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Untuk mendukung geliat wisata di wilayah Kecamatan Tutur, Pemkab Pasuruan berencana untuk melakukan pengingakatan jalan-jalan Kabupaten. Untuk ruas jalan yang akan dibangun di antaranya Nongkojajar-Tutur.

Guna mewujdukan itu, pihak Pemkab sudah menyiapkan dana jumbo pada tahun depan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan, Ir Hari Aprianto saat ditemui Bangsaonline.com beberapa hari lalu.

Baca Juga: Belasan Kilometer Jalan Rusak di Kabupaten Pasuruan Mulai Dibenahi

Ia menuturkan bahwa untuk pembangunan jalan di wilayah Tutur akan disupport dari pemerintah pusat melalui DAK 2018. Pembangunan tersebut dimaksudkan untuk mendukung wisata di kawasan Tutur.

“Titik jalan yang akan dibangun yakni ruas Bodo-Nongkojajar, akan dilakukan tahun depan. Ini untuk menunjang sektor wisata buah Tutur serta Gunung Bromo,” jelas Hari -sapaannya- beberapa waktu lalu.

Untuk mengolkan program intrastruktur tersebut, dana yang sudah disapkan tak kurang Rp 18 miliar. Ia mengakui eksistensi jalan yang ada saat ini memang kurang ideal. Karena itu, perlu dilakukan pelebaran jalan. Harapannya, akses wisata Tutur bisa lebih mudah.

Baca Juga: Jelang Arus Mudik Lebaran 2024, DPRD Kabupaten Blitar Minta Perbaikan Jalan Berlubang Jadi Prioritas

"Saat ini, lebar jalan setempat hanya sekitar empat meter. Nantinya, diharapkan bisa mencapai tujuh meter. Sehingga, mempermudah pengendara untuk melintasinya. Jika perbaikan/pelebaran jalan setempat sudah direalisasikan, diharapkan nanti mampu mendongkrak sektor wisata di kawasan Tutur. Terlebih akses jalan kelas dua tersebut merupakan jalur menuju Malang," sambungnya.

Untuk proses pembangunan jalan itu, saat ini sudah masuk perencanaan. Ia mengancang-ancang, pelaksanaan proyek jalan setempat bisa dimulai Maret atau April 2018. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO