51 Warga Doko Blitar Keracunan Nasi Kenduri

51 Warga Doko Blitar Keracunan Nasi Kenduri

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Keracunan masal kembali terjadi di Kabupaten Blitar. Kali ini keracunan terjadi di Dusun Jatiroto, Desa Slorok, Kecamatan Doko. Sebanyak 51 warga mengalami mual, muntah, panas, dan diare setelah mengonsumsi nasi kenduri hajatan dari rumah Sunarji (38) warga setempat.

Agus Gunawan salah satu warga yang mengalami keracunan mengatakan awalnya ia datang ke hajatan Sunarji, Rabu (14/2). Pulangnya sekitar 70 tamu undangan diberi bungkusan nasi kenduri yang di dalamnya berisi nasi dan daging kambing. Setelah mengonsumsi nasi kenduri awalnya ia tidak merasakan gejala keracunan.

"Awalnya tidak apa-apa, paginya langsung mual, muntah, badan terasa panas, dan diare," jelas Agus Gunawan, Kamis (15/2).

Yudia Supradini kepala Puskesmas Doko mengatakan, awalnya hanya ada 31 warga yang dilaporkan mengalami keracunan dan dilarikan ke Puskesmas Doko, sejak Rabu sore. Semuanya datang dalam kondisi lemas dengan gejala yang sama.

Beberapa saat kemudian korban keracunan yang mendatangi Puskesmas Doko untuk mendapatkan perawatan terus bertambah. Terakhir terdata sebanyak 51 warga. Bahkan dua orang terpaksa dirujuk ke RSUD Ngudi Waluyo Wlingi.

"Satu orang karena dehidrasi berat karena sudah lansia, satu lagi masih anak-anak namun mengalami demam. Sehingga harus kami rujuk untuk mendapatkan perawatan maksimal," jelas Yudia Supradini. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO