Siswa MA Salafiyah Merakurak Dilatih Jurnalistik

Siswa MA Salafiyah Merakurak Dilatih Jurnalistik LATIH. Suasana pelatihan jurnalistik di MA Salafiyah Tuban. foto : suwandi/bangsaonline

TUBAN (bangsaonline) - Dalam rangka menjalin hubungan sosial dan mendidik masyarakat, sejumlah wartawan yang tergabung dalam Ronggolawe Press solidarity (RPS) Tuban berbagi ilmu jurnalistik pada siswa-siswi Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kecamatan Merakurak, Tuban, Sabtu (23/8/2014).

Dihadapan 30 siswa, Ketua RPS Tuban Khoirul Huda, S.Ag mengatakan, tugas press selain menyampaikan informasi juga ikut berperan aktif dalam mendidik. "Mendidik masyarakat bukan saja melalui tulisan. Akan tetapi bisa dilakukan dengan cara bertatap muka secara langsung, baik dalam kontek informasi berita maupun berbagi pengalaman tentang jurnalistik. Dengan bertatap muka seperti inilah cara kami berbagi pengalaman tentang jurnalistik pada para siswa. Karena sesuai undang undang perss tugas wartawan selain menyampaikan informasi juga mempunyai tugas mendidik pada masyarakat,” kata pria yang juga menjabat wakil PC GP Ansor Tuban ini.

Baca Juga: Antisipasi Covid-19, EMCL Salurkan APD kepada Jurnalis Tuban

Ditambahkan Huda, kegiatan berbagi pengalaman jurnalistik akan terus dilakukan oleh wartawan di Tuban untuk mendekatkan diri pada masyarakat. Sehingga masyarakat khususnya pada generasi muda bisa mengerti arti fungsi dan tugas dari wartawan atau jurnalis.

“Kegiatan ini selain berbagi ilmu, juga dalam rangka mendekatkan dan mengakrabkan diri kepada masyarakat, lebih khusus pada pelajar. Sebab, saat ini sosok seorang wartawan itu dikenal sebagai pekerjaan yang sukanya cari masalah. Maka dari itu, jika siswa dikenalkan tentang ilmu jurnalistik, maka generasi muda akan paham dan tahu tugas sebagai seorang jurnalis,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala MA Salafiyah Merakurak Tuban Drs Ahmad Riyadi mengaku senang dan memberikan apresiasi pada wartawan yang tergabung dalam RPS. Karena sudah peduli dan mau berbagi pengalaman tentang ilmu jurnalistik pada siswa. Harapannya pada kegiatan tersebut bisa menambah ilmu dan pengetahuan pada siswa serta bisa mengaplikasikannya pada setiap hari dilingkungan sekolah.

Baca Juga: Peringati HPN 2020, RPS Tuban Gelar Jalan Sehat dan Bagi-bagi Pohon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO