Berkesempatan Belajar Ukir Kayu Gembol

Berkesempatan Belajar Ukir Kayu Gembol Kopda Simun saat melihat Raseno mengukir kayu gembol. foto: BAMBANG/ BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Menginjak hari ke tujuh pelaksanaan TMMD 101 oleh Kodim 0810 Nganjuk, semakin banyak manfaat yang didapat oleh masyarakat maupun satgas TMMD.

Pelaksanaan TMMD yang berlokasi di Desa Lengkong Lor, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk akan berakhir pada 3 Mei 2018. TMMD kali ini terpusat pada pembangunan fisik maupun non fisik, termasuk bersosialisasi dan saling berbagi kepada warga sekitar.

Kesempatan tersebut tidak disia-siakan Babinsa 0810/03 Loceret Kopda Simun, saat pertama menginjakkan kaki di Desa Lengkong Lor. Pandangannya langsung tertuju di rumah mbah Raseno.

"Saya langsung tertarik melihat mbah Raseno, walaupun saya belum saling kenal dan meyempatkan datang ke sini (mbah Raseno-red)", kata Simun kepada, bangsaonline.com.

Dirinya mengaku ingin belajar dari mbah Raseno sebagai pengrajin kayu gembol, tentang cara pembuatan hingga menjadi ukiran yang indah. Berbagai bentuk yang bisa dihasilkan dari kayu gembol di antaranya, meja, kursi, hiasan dinding, binatang, dan masih banyak lagi tergantung dari bahan akar kayu yang didapatnya.

"Waktu yang singkat ini akan saya manfaatkan untuk mempelajari seni ukir kayu gembol," jelas Simun.

Raseno merupakan pengrajin kayu gembol yang tinggal di Dusun Gurit, Desa Lengkong Lor. Ia menekuni profesi sebagai pengrajin kayu gembol dari orang tuanya. Keahlian tersebut terus ditekuni hingga sekarang dan hasilnya sudah bisa dirasakan.

"Wong urip kuwi kudu kerjo karo usaha yen pingin sukses (orang hidup itu harus bekerja dan berusaha kalau mau sukses)," kata Raseno. (bam/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO