Ziarah ke Makam Gus Dur, Mahfud MD: Tahun Politik Panas, Kangen Gus Dur yang Bisa Mendinginkan

Ziarah ke Makam Gus Dur, Mahfud MD: Tahun Politik Panas, Kangen Gus Dur yang Bisa Mendinginkan

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mohammad Mahfud MD berkunjung ke Pondok Pesantren , Jombang, Jawa Timur, Ahad (1/7/2018).

Selain bersilaturahmi ke kediaman Pengasuh Pondok Pesantren , KH Salahudin Wahid (Gus Sholah), Mahfud juga menyempatkan ziarah ke makam Presiden keempat Indonesia, KH Abdurrahman Wahid alias . Ia ziarah ke makam ketua umum PBNU 3 periode itu bersama Gus Sholah dan Rais Am Syuriah PBNU yang juga Ketua Majelis Ulama (MUI) Pusat, KH Ma'ruf Amin dan Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat KH Kholil Nafis.

Baca Juga: Barisan Loyalis Gus Dur Lumajang Deklarasi Dukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Masuk ke area pemakaman, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini disambut ratusan peziarah yang kebanyakan ibu-ibu. Mereka berebut bersalaman. Mahfud pun tak segan menyambut salam mereka.

Mantan Menteri Pertahanan era Presiden ini nampak khusyuk berdoa di depan makam cucu pendiri organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU), Hadratusyaikh KH M Hasyim Asy'ari itu. .

Setelah selesai tahlilan dan berdoa, Mahfud diajak foto bareng peziarah. Pria kelahiran Sampang ini pun dengan ramah meladeni ajakan selfie peziarah.

Baca Juga: Terima Dubes Jepang untuk Indonesia, Pj Gubernur Jatim Bahas Pengembangan Kerja Sama

Mahfud menyatakan, Indonesia sedang menghadapi tahun politik. Biasanya kalau politik bergolak, sering terjadi benturan ego antar kelompok.

"Semuanya masuk perseneleng empat, keras dan cepat serta panas. Kalau sudah begini ingat . Prinsip kebersatuan dalam perbedaan selalu diutamakan oleh beliau," kata Mahfud di komplek pemakaman , .

Karenanya, Mahfud berharap, muncul - baru yang mampu mendinginkan dan selalu mencari jalan tengah dalam setiap konflik yang terjadi. "Saya mendoakan beliau tadi. Beliau kerap ambil jalan tengah untuk menghentikan benturan politik. Tentu juga mendoakan Indonesia supaya damai menghadapi tahun politik," ujarnya.

Baca Juga: Peringati Hari Jadi Kabupaten Pasuruan, Barikade Gus Dur Gelar Karnaval Akbar

Mahfud hadir di Jombang dalam rangka memenuhi undangan menjadi pembicara pada Halaqah Nasional Pengasuh Pesantren yang digelar Majelis Per Pengasuh Pesantren se-Indonesia (MP3I) tentang Pesantren dan Pemberdayaan Ekonomi Umat di Pondok Pesantren , Cukir, Jombang, Jawa Timur.

Selain Ketua Majelis Pembina MP3I yang juga pengasuh Pondok Pesantren , Jombang, Gus Sholah hadir juga Rais Aam PBNU KH Ma'ruf Amin, Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Cholil Nafis dan serta 300-an pengasuh pondok pesantren se-Jawa Timur. (MMA)

Sumber: MMA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semua Agama Sama? Ini Kata Gus Dur':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO