Pemungutan Suara Ulang, Khofifah-Emil Tetap Ungguli Gus Ipul-Puti Guntur

Pemungutan Suara Ulang, Khofifah-Emil Tetap Ungguli Gus Ipul-Puti Guntur PSU di TPS 49 Kelurahan Manukan Kulon, Kecamatan Tandes Kota Surabaya. foto: DIDI R/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Jawa Timur 2018 dilaksanakan Ahad (1/7) di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS). Masing-masing TPS 04 Desa Susuhbango, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri; TPS 08 Desa Kepanjen Lor Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar; dan TPS 49 Kelurahan Manukan Kulon, Kecamatan Tandes, Kota Surabaya.

Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Jawa Timur, Choirul Anam mengatakan bahwa PSU di tiga TPS itu menindaklanjuti rekomendasi Panwaslu di masing-masing daerah.

Baca Juga: Sahabat Ning Lia Nganjuk Sokong Lia Istifhama Menuju DPD RI

“Kasusnya hampir sama, ada satu orang memilih lebih dari satu kali dan ada pemilih di luar DPT menggunakan hak pilih tanpa disertai form A5 (pindah TPS). Jadi hanya kesalahan administratif, tidak ada unsur kesengajaan,” ujar Choirul Anam.

Berdasarkan hasil pantauan dan laporan di lapangan, lanjut Anam, pelaksanaan PSU Pilgub Jatim berjalan lancar.

“PSU di TPS 49 Kelurahan Manukan Kulon Kecamatan Tandes Kota Surabaya tingkat partisipasi pemilih justru meningkat dibanding pemungutan suara pada 27 Juni lalu,” beber pria asli Sidoarjo ini.

Baca Juga: KPU Jatim Ajukan Anggaran Pilgub Rp 1,9 Triliun, DPRD Jatim: Tak Masalah, Asal...

Hasil PSU di Surabaya yang sudah dilaporkan ke KPU Jatim menyatakan bahwa jumlah pemilih yang menggunakan hak suara sebanyak 212 orang dari jumlah DPT sebanyak 381 orang.

“Paslon nomor 1 mendapat 135 suara dan Paslon nomor 2 sebanyak 72 suara. Sedangkan suara yang dinyatakan tidak sah berjumlah 5 suara,” jelas Choirul Anam.

Senada, komisioner KPU Jatim lainnya, Arbayanto menambahkan bahwa PSU di tiga TPS yang tersebar di tiga daerah hasilnya tidak akan mempengaruhi hasil akhir proses rekapitulasi suara yang saat ini masih berlangsung di tingkat kecamatan.

Baca Juga: Ini 15 Nama Cagub Potensial Jatim 2024 Hasil FGD Political Centre

“Tanggal 4-6 Juli dilanjutkan rekap di tingkat kabupaten/kota dan di tingkat provinsi dilaksanakan pada 7-9 Juli 2018,” terangnya.

Pertimbangan lainnya, hasil penghitungan cepat KPU mengacu pada data C1 yang dilaporkan melalui scaner, pasangan Khofifah-Emil mendapatkan sebanyak 53,62 persen suara dan pasangan Gus Ipul-Puti mendapat 46,38 persen suara.

“Data C1 yang masuk ke KPU itu sudah mencapai 96,91 persen atau berasal dari 65.551 TPS dari total TPS di Jatim sebanyak 67.644 TPS,” jelas Arbayanto.

Baca Juga: ​Pada Pilgub Mendatang, Kiai Asep Minta Jangan Pilih Khofifah Lagi, Loh Kecewa?

Sementara PSU di TPS 08 Desa kepanjen Lor Kecamatan Kepanjem Kidul Kota Blitar, lanjut Anam, dihadiri sebanyak 221 pemilih dari total pemilih yang ada di DPT sebanyak 353 orang.

“Paslon nomor 1 mendapat 80 suara dan Paslon nomor 2 mendapat 133 suara. Sebanyak 8 suara dinyatakan tidak sah,” ungkapnya.

Kemudian di TPS 04 Desa Susuhbango, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri, tambah Choirul Anam pemilih yang hadir sebanyak 350 orang dari DPT sebanyak 471 orang dan DPtb sebanyak 6 orang sehingga totalnya menjadi 477 pemilih.

Baca Juga: Direktur HARIAN BANGSA: Kata Pakde Karwo Paling Sulit Jebol Pertahanan Muslimat NU

“Paslon nomor 1 mendapat 238 suara dan Paslon nomor 2 mendapat 104 suara. Suara sah berjumlah 342 suara dan suara tidak sah sebanyak 8 suara, serta pemilih yang tak hadir sebanyak 127 pemilih,” kata Choirul Anam.

Terpisah, Komisioner Divisi Hukum dan Penindakan Bawaslu Jatim Totok Haryono menilai minimnya pelanggaran pelaksanaan Pilkada serentak 2018 merupakan bukti bahwa penyelenggara Pilkada serentak berjalan sukses dan aman.

“Hanya ada 5 PSU yakni 3 PSU di tiga TPS untuk Pilgub Jatim di Surabaya, Blitar dan Kediri. Kemudian 2 PSU di dua TPS yakni untuk Pilkada di Kabupaten Jombang dan Pilkada Kabupaten Bangkalan. Ini prestasi penyelenggara yang patut diapresiasi,” pungkas Totok Haryono. (mdr/rev)

Baca Juga: Suara Nyinyir Maju Pilgub 3 Kali, Khofifah Pantang Nyerah: Ini Faktor Langit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO