Hasan Aminuddin dan Kiai Asep Dijagokan sebagai Ketua Tim Sukses Jokowi-Ma'ruf Amin di Jatim

Hasan Aminuddin dan Kiai Asep Dijagokan sebagai Ketua Tim Sukses Jokowi-Ma Kiai Asep (kiri) dan Hasan Aminuddin.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sosok yang akan memimpin Tim Pemenangan pasangan Capres-Cawapres, Joko Widodo-KH. Ma'ruf Amin di Provinsi Jawa Timur masih menjadi teka-teki.

Rapat gabungan partai koalisi di Jatim yang dikenal dengan Koalisi Indonesia Kerja (KIK) yang dilaksanakan belum lama ini, belum sampai pada keputusan memilih satu nama. Sejumlah nama digadang untuk menjadi Ketua Tim, di antaranya mantan Gubernur Jatim Imam Utomo, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin dan pengusaha media, Dahlan Iskan, serta Gubernur Jatim, Soekarwo. Tapi untuk Soekarwo dimungkinkan tidak bisa karena masih sebagai Kepala Daerah aktif.

Baca Juga: Elektabilitas Terus Melejit, Khofifah: Banyak Doa Kita Temukan di Pasar

Opsi lain muncul di luar KIK, Barisan Muda Restorasi Jatim mengusulkan nama dan Kiai Asep Saifuddin Chalim untuk menahkodai Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf di Jatim.

Menurut Koordinator Barisan Muda Restorasi Jatim, Achmad Tirmidi, dua tokoh tersebut sangat layak dan diprediksi mampu memenangkan Jokowi-Ma'ruf di Jatim.

“Pak Hasan itu pernah Jadi Ketua DPRD dan Bupati Probolinggo dua periode. Sekarang beliau berstatus anggota DPR RI dengan perolehan suara 10 besar Nasional lintas partai politik di pemilu 2014. Dari segi pengalaman tidak diragukan untuk jadi Ketua Tim,” kata Achmad Tirmidi, Kamis (6/9).

Baca Juga: Ketum Pergunu Prof Kiai Asep: Ratu Zakiyah Simbol Idealisme Kita

Pria yang akrab disapa Adi ini menjelaskan, bila menjadi Ketua Tim, maka dirinya meyakini itu akan semakin mondongkrak suara Jokowi-Ma'ruf di Jatim. Terlebih untuk wilayah Tapal Kuda dan Madura.

“Pak Hasan ini pengaruhnya untuk wilayah Tapal Kuda masih kuat, dan di Madura lebih bisa diterima. Beliau juga dikenal sebagai tokoh NU Jatim dan loyalis Gus Dur," tandas mantan Ketua Umum PC PMII Sidoarjo ini.

Aktivis muda NU ini menambahkan, Tapal Kuda dan Madura memang harus menjadi perhatian serius bila Jokowi-Ma'ruf ingin menang mutlak di Jatim. Sebab, kalau untuk daerah Mataraman, itu sudah basis Nasionalis yang bisa diprediksi akan menjadi lumbung suara Jokowi-Ma'ruf. Namun daerah lain butuh sentuhan khusus dari figur yang kuat.

Baca Juga: Kiai Asep Bentuk Saksi Ganda Mubarok dan Khofifah-Emil, Gus Barra Siap Biayai Siswa Berprestasi

"Kalau Mataraman sudah diprediksi akan jadi lumbung suara Jokowi-Ma'ruf. Tapi daerah lain butuh penanganan khusus," imbuh Adi.

Kemudian untuk sosok Kiai Asep Saifuddin Chalim kata Adi, juga sangat berpotensi bila menjadi Ketua Tim Pemenangan. Apalagi hari ini Jokowi menyambangi Kiai Asep langsung di Ponpes Amanatul Ummah. Ini seperti sebuah sinyal kuat pengakuan Jokowi pada sosok Kiai Asep.

Sebab, Kiai Asep sudah teruji sebagai “Panglima” Kiai yang telah memenangkan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dalam Pilgub Jatim 2018 lalu.

Baca Juga: Kiai Asep Yakin Mubarok Menang dalam Pilkada Mojokerto 2024, Inilah Target Kemenangannya

Selain itu lanjut Adi, ketokohan Kiai Asep juga tidak diragukan dan bisa diterima semua kalangan. Jadi bisa dipastikan akan memasifkan dukungan di kalangan Kiai, Pondok Pesantren, utamanya relawan Khofifah-Emil yang di bawah koordinasi Kiai Asep.

“Kiai Asep jelas punya kharismatik tinggi, terbukti Jokowi hari ini menyempatkan diri silaturahim ke Ponpes Amanatul Ummah asuhannya di Pacet, Mojokerto. Beliau juga punya jaringan santri yang tersebar di seluruh Jatim yang dikenal loyal dan mandiri," urai Ketua Komite Wilayah Liga Mahasiswa NasDem Jatim tersebut. (mdr/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dulu Banyak Sinis dan Tertawa, Kini Miliki 12.000 Santri, ini Ijazah Amalan Kiai Asep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO