Rehab Ratusan Lembaga Madin Ditarget Rampung Tepat Waktu

Rehab Ratusan Lembaga Madin Ditarget Rampung Tepat Waktu

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pelaksanaan pembangunan ratusan lembaga pendidikan berbasis agama yang digulirkan oleh Dinas Pendidikan Pasuruan melalui bantuan keuangan sebagai besar sudah banyak yang rampung. Ada ratusan lembaga pendidikan swasta di Pasuruan meliputi MI, MTs, RA dan pendidikan agama seperti TPQ dan Madin yang menerima bantuan rehab pembangunan tersebut.

Program perbaikan sarana pendidikan selain untuk mencetak anak didik berakhlakul karimah,  juga untuk mendukung program wajib Madin.

Baca Juga: Sinergitas Pendidikan Non-Formal, MUI Kabupaten Pasuruan Gelar Lokakarya

Menurut keterangan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Drs. H Iswahyudi, S.Pd M.Pd yang dikonfirmasi Bangsaonline.com, untuk mendukung program wajib Madin, Bupati Pasuruan pada tahun 2018 memberikan bantuan rehab kepada 574 lembaga yang tersebar di wilayah Kabupaten Pasuruan.

“Sebagian besar bangunan fisik di beberapa lembaga penerima program sudah rampung, dan hasilnya juga sangat baik karena ada swadaya dari masyarakat sekitar. Tapi sebelum akhir tahun harus rampung semuanya,“ jelasnya.

Untuk waktu pelaksanaan pengerjaan fisik, ia menambahkan,
memang tidak dibatasi seperti pelaksanaan proyek kontraktual. Sebab untuk pembangunan dikerjakan swakelola oleh lembaga serta masyarakat dilibatkan langsung. "Dinas hanya membantu pendampingan saja," imbuhnya.

Baca Juga: Tingkatkan Pendidikan Aqliyah dan Khuluqiyah, SDN 1 Bulusari Adakan Ponpes Kilat

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pihak Pemkab sudah menyiapkan anggaran lebih kurang Rp 27 miliar untuk merehab lembaga madin.

"Anggarannya tidak sama, tergantung evaluasi dan kerusakan lembaga. Untuk yang terkecil sekitar Rp 20 juta, ada juga nilai bantuanya Rp 100 juta," jelas pria asal Gresik ini. (bib/rev)

Data Lembaga pendidikan swasta di Pasuruan yang direhab:

Lembaga Tahun 2018 Tahun 2017
RA 71 55
MI 90 63
MTs 42 32
Madin 272 219
TPQ 99 48
TOTAL 574 417

Baca Juga: Aktivis LSM Gerak Soroti Pungutan Wali Murid untuk Acara HUT SMAN Bangil yang Dinilai Tak Masuk Akal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO