Disapu Puting Beliung, Gedung SDN dan Rumah Warga di Maduran Rusak Parah

Disapu Puting Beliung, Gedung SDN dan Rumah Warga di Maduran Rusak Parah Kondisi SDN Maduran yang diterjang puting beliung.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Hujan lebat disertai angin puting beliung melanda wilayah Kecamatan Maduran, Lamongan, Kamis (21/3) siang. Akibat kejadian ini, gedung sekolah dasar (SD) Negeri Maduran mengalami rusak berat. Selain itu, rumah milik Sumarlin di RT 06 RW 01 Desa Maduran juga mengalami kerusakan cukup parah.

Beruntung, insiden siang hari ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun korban luka - luka. Saat kejadian, para siswa SDN Maduran, dewan guru, dan keluarga Sumarlin berhasil menyelamatkan diri keluar.

Baca Juga: Angin Puting Beliung Robohkan Sejumlah Rumah di Lamongan

Sementara puluhan rumah lainnya hanya pada bagian genting atau atap rumah yang jatuh berhamburan.

"Yang parah hanya dua, SDN Maduran dan satu rumah warga. Lainnya hanya gentingnya yang rontak atau berhamburan dibawa angin," kata Camat Maduran, Harwah Yutomo.

Ia menceritakan kronologi peristiwa yang terjadi sekitar pukul 11.00 WIB itu. Bermula dari awan gelap yang kemudian turun hujan. Seketika turun hujan, terjadi angin puting beliung yang menerjang dan mengakibatkan kerusakan gedung SDN Maduran.

Baca Juga: Polres Lamongan Beri Bantuan pada Korban Puting Beliung

Kerusakannya di antaranya, kaca jendela pecah, atap genting kelas, plafon ruang kelas hancur. "Termasuk rumah dinas pak guru Afandi yang terkena dampak kerusakan parah," kata Harwah.

Menurut Harwah, rumah dinas guru yang ditempati Afandi mengalami kerusakan, di antaranya atap teras ambruk, dinding belakang rumah rusak. Sedang rumah warga yang rusak parah hanya satu, milik Sumarlin.

"Kalau puluhan rumah lainnya hanya gentingnya yang sebagai berhamburan," kata Harwah.

Baca Juga: Puting Beliung di Glagah Lamongan Sebabkan 23 Rumah Rusak Parah

Kini, pihak Muspika telah melakukan pendataan. Ditaksir akibat kejadian ini kerugian mencapai Rp 50 juta. Sebab, ada sejumlah pohon yang tumbang akibat diterjang angin puting beliung. Satu di antara pohon yang roboh itu, tepat mengenai atap bangunan SDN Maduran.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Lamongan bersama Muspika dibantu warga sedang melakukan pembersihan pada pohon-pohon yang tumbang. "Petugas TRC membantu warga, termasuk untuk korban Sumarlin yang rumahnya jadi korban," pungkas Harwah. (qom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO