Hepatitis A Lewat, Pacitan Aman Dikunjungi

Hepatitis A Lewat, Pacitan Aman Dikunjungi Kegiatan deklarasi dari sejumlah lembaga di Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten saat ini sudah aman dikunjungi. Soal paparan Hepatitis A sejauh ini sudah terkendali. Bahkan ribuan pasien yang positif terjangkiti penyakit yang menyerang fungsi hati tersebut, dinyatakan sembuh. Karena itu, semua pihak diharapkan bisa memberikan pemahaman ke masyarakat luas kalau penyakit Hepatitis A itu merupakan penyakit ringan dan dapat dengan mudah disembuhkan.

Pernyataan tersebut disampaikan Danur Suprapto, Panitia Penyelenggara "Deklarasi Antar Lintas Lembaga Hepatitis Ditangani, Menuju Zero Hepatitis. ( Sudah Aman Dikunjungi, Ayo Berkunjung Ke )," Sabtu (10/8).

Baca Juga: Info BMKG: Selasa Dini Hari ini, Trenggalek Diguncang Gempa Magnitudo 5,4

"KLB Hepatitis A sudah lewat, sehingga aman dikunjungi," ujar Danur.

Hal senada juga disampaikan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten , Agus Subianto. Menurut Agus yang juga menjabat sebagai Kepala Puskesmas Kebonagung tersebut, serangan Hepatitis A merupakan siklus lima tahunan.

"Lima tahun sebelumnya, juga pernah terjadi di Ngadirojo," kata Agus di kesempatan yang sama.

Baca Juga: Istri Kades di Pacitan Ngaku Dijambret dan Kehilangan Uang Rp14 Juta, Ternyata...

Agus menegaskan, Hepatitis A memang penyakit ringan, namun penularannya sangat cepat. Jalurnya hanya satu, yakni lewat mulut, masuk ke mulut dan keluar lewat dubur. Hanya saja masalahnya, yang keluar dari dubur ini yang tidak disadari.

Lebih lanjut Agus menerangkan, belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit Hepatitis A. Upaya yang bisa dilakukan hanyalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh si penderita.

"Tapi saya tegaskan, kalau penderita Hepatitis A bisa sembuh total. Dan secara alam mereka justru akan mendapatkan kekebalan sepanjang hidupnya," tegasnya.

Baca Juga: Haduh! Sapi Milik Warga Pacitan ‘Nyangkut’ di Atap Rumah

Pada kesempatan yang sama Kepala Pelaksana BPBD Didik Alih Wibowo mengajak masyarakat untuk bisa bangkit dari masalah serangan Hepatitis A tersebut.

"Pada dasarnya orang itu tangguh, karena itu ayo kita segera bangkit dan menciptakan terbebas dari klaim serangan Hepatitis A," ajaknya.

Sementara itu pada kegiatan tersebut juga dihadirkan salah seorang warga dari Kecamatan Sudimoro yang pernah terpapar Hepatitis A lalu sembuh. Dia adalah Sofyan Hadi, salah seorang mahasiswa di STKIP PGRI . Menurut Sofyan, ia dan keluarganya memang sempat terpapar virus Hepatitis A.

Baca Juga: Dalam Sehari, 2 Warga Pacitan Gantung Diri

"Tapi kami sekeluarga saat ini sembuh total. Bahkan hingga hari ini tidak satu pun pasien Hepatitis A yang masih menjalani rawat inap di Puskesmas. Semua sudah sembuh," tuturnya.

Selain menghadirkan sejumlah dokter, acara yang dihelat di sebuah "RESTORAN" tersebut juga mengundang puluhan lembaga. Baik dari kalangan jurnalis maupun praktisi hukum dan LSM. Selain itu mereka juga membubuhkan tandatangan di spanduk besar sebagai pertanggungjawaban mereka kalau di ini memang sudah terbebas dari Hepatitis A dan aman dikunjungi. (yun/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO