Kemendagri Tak Kunjung Tambah Blanko e-KTP, 9 Ribu Warga Pacitan Hanya Pegang Suket

Kemendagri Tak Kunjung Tambah Blanko e-KTP, 9 Ribu Warga Pacitan Hanya Pegang Suket Ilustrasi.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Warga Pacitan yang hingga kini menunggu pencetakan KTP elektronik harus ekstra sabar. Sebab, Kemendagri tak kunjung memberikan tambahan blanko KTP elektronik.

"Kemarin hanya dapat 500 keping [blanko], itu pun harus mengambil ke Jakarta sendiri," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pacitan, Supardianto, Selasa (20/8).

Menurut mantan Kasatpol PP Pacitan ini, warga yang sudah melakukan perekaman namun belum mendapatkan kepingan KTP sementara waktu ini hanya diberikan surat keterangan pengganti KTP. "Kekuatan hukumnya sama dengan KTP elektronik. Nanti setelah blanko tercukupi, surat keterangan itu akan kami ganti dengan KTP elektronik," jelas dia.

Menurut Supardianto, jumlah penduduk Pacitan saat ini tercatat sebanyak 594.757 jiwa. Dari jumlah tersebut, warga wajib KTP sebanyak 475.767. "Yang sudah perekaman sebanyak 465.599, dan belum perekaman sebanyak 10.168 jiwa. Sudah perekaman namun belum mendapatkan KTP sebanyak 9.591 jiwa," pungkasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO