Syukuran Hasil Laut Melimpah, Warga Sendangbiru Malang Gelar Petik Laut​

Syukuran Hasil Laut Melimpah, Warga Sendangbiru Malang Gelar Petik Laut​ Para nelayan saat melarung sesaji ke laut.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Perayaan syukuran petik laut di Sendangbiru, Kabupaten dilaksanakan masyarakat setempat dengan meriah. Hal ini terbukti antusiasme masyarakat begitu besar untuk menyaksikan even yang telah menjadi agenda tahunan pariwisata Kabupaten ini.

Petik laut sendiri merupakan tradisi turun-temurun yang diadakan masyarakat nelayan Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Baca Juga: Pj Gubernur Jatim: KEK Singhasari Miliki Keunggulan Seluruh Layanan Digital Terintegrasi

Dengan membawa berbagai tumpeng dari hasil laut, masyarakat Sendangburu kompak menggotong gunungan hasil laut tersebut untuk dilarung kembali ke tengah laut.

“Ini merupakan tradisi turun-temurun masyarakat nelayan Sendangbiru atas melimpahnya hasil laut selama ini,” kata Sumadji selaku ketua panitia petik laut, Jum’at (27/9/2019).

Sementara itu Bupati Drs. HM Sanusi, MM yang turut hadir mengucap rasa syukur bisa menyambangi masyarakat di pesisir selatan Kabupaten itu.

Baca Juga: Hujat Lebat Siang Hari ini, Sejumlah Pohon di Pakisaji Malang Tumbang

"Apalagi momentnya sangat pas yaitu Perayaan Petik Laut Sendangbiru yang sudah menjadi agenda tahunan Pariwisata di Kabupaten oleh karenanya saya sangat apresiasi,” ujar Bupati.

Sanusi menjelaskan, kegiatan petik laut Sendangbiru ini selain menjadi tradisi masyarakat Dusun Sendangbiru, juga telah menjadi agenda tahunan Pemkab di bidang pariwisata.

Baca Juga: Perumda Tirta Kanjuruhan Berikan Apresiasi untuk Pelanggan Setia

“Kita berharap agenda petik laut ini bertambah meriah pelaksanaannya. Harapan saya hal ini dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke berbagai destinasi wisata pantai, yang tersebar di wilayah pantai Sendangbiru ini," imbuhnya.

Bahkan, Sanusi menilai hasil tangkapan ikan nelayan Sendangbiru sudah dikenal sebagai salah satu pemasok berbagai macam ikan skala regional dan nasional.

“Hasil tangkapan ikan di sini mampu memberikan sumbangsih terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten . Makanya kita terus mendorong produksi tangkapan ikan di Sendangbiru semakin meningkat,” tandas Sanusi.

Baca Juga: Abdulloh Satar Targetkan Pasangan SALAF Menang 70 Persen di Pilbup Malang Lewat Dapilnya

Sanusi berjanji akan memperbaiki jalan di Sendangbiru untuk mempermudah angkutan pengiriman ikan keluar daerah.

Terkait peluang terhadap wacana pembangunan tol laut yang sempat dilontarkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada Selasa (17/9) lalu, Sanusi mengaku sangat mendukung jika wacana tersebut benar-benar direalisasikan.

“Kami sangat mendukung jika hal itu terealisasi. Tentunya hal itu akan langsung berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat pesisir selatan khususnya Sendangbiru ini,” pungkasnya. (thu/ian)

Baca Juga: Wamen ATR BPN Serahkan 12 Sertifikat Hak Pakai ke Pemkot Malang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO