Kiai Asep Dijegal, Markas Besar Oelama Djawa Timoer Jadi Museum Nasional Terbengkalai

Kiai Asep Dijegal, Markas Besar Oelama Djawa Timoer Jadi Museum Nasional Terbengkalai Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, MA menandantangani dokumen penyerahan tanah wakaf Markas Besar Oelama (MBO) Jawa Timur kepada PBNU di Guest House Institut KH. Abdul Chalim Pacet Mojokerto Jawa Timur, Rabu (13/11/2019). Tampak juga KH Sholeh Hayat, utusan PWNU Jatim yang ditugasi minta tandangan Kiai Asep. Saat penandatangan itu juga disaksikan Drs Fathurrohman, salah satu ketua PCNU Kota Surabaya dan M Mas'ud Adnan, owner HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com. foto: BANGSAONLINE.com

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, MA menuturkan saat jadi Ketua PC Kota Surabaya, banyak sekali program yang dicanangkan. Selain menyelamatkan Djawa Timoer (MBODT) di Waru Sidoarjo, juga membangun kantor PC Kota Surabaya.

“Di bagian belakang itu saya bangun tiga lantai. Dulu asalnya dapur,” kata Kiai Asep Safuddin Chalim kepada M Mas’ud Adnan, Pemimpin Umum HARIAN BANGSA dan BANGSONLINE.com di Guest House Institut KH Abdul Chalim Pondok Pesantren Pacet Mojokerto Jawa Timur.

Baca Juga: Khofifah Pernah Jadi Bintang Senayan, Prof Kiai Asep: Cagub Paling Lengkap dan Berprestasi

“Saat itu kantor PC Kota Surabaya termegah se-Indonesia,” jelas pengasuh Pondok Pesantren Surabaya dan Pacet Mojokerto itu. Ia mengaku bahwa saat itu ia sangat dekat dengan Wali Kota Surabaya Sunarto Sumoprawiro. Ia bahkan terus terang bahwa uang untuk membeli MBODT itu di antaranya disumbang wali kota itu. “Namun tak lepas dari pengorbanan uang pribadi,” tambahnya.

Karena itu, ia menyayangkan para rival politiknya di yang menuduh berlebihan. Ia dianggap jadi kaya karena dapat uang dari wali kota. Padahal dana-dana sumbangan itu untuk program-program .

“Dulu kondisi keuangan saya kan tidak seperti sekarang. Kalau sekarang saya kan gak pernah mau disumbang siapa pun karena saya dan pesantren saya sudah lebih dari cukup,” kata Kiai Asep sembari mengatakan bahwa istrinya marah jika ia menerima sumbangan dari pihak luar.

Baca Juga: ​Pemkab Resmi Ganti Beberapa Acara di Gelaran Jombang Fest 2024, Ini Alasannya

Namun ia memaklumi tuduhan-tuduhan negatif terhadap dirinya saat itu. Karena ketika ia jadi ketua PC Kota Surabaya memang banyak membeli inventaris untuk PC Kota Surabaya. “Selain membangun kantor, saya beli mobil untuk investaris kantor PC. Saya juga beli puluhan mesin ketik elektrik untuk inventaris PC,” kata Kiai Asep.

Menurut Kiai Asep, mungkin karena banyak belanja inventaris kantor PC itu lalu muncul kecemburuan. “Mereka mengira kalau saya bisa seperti itu, mereka juga merasa bisa seperti saya,” kata Kiai Asep menduga.

Karena itu, tutur Kiai Asep, saat maju sebagai calon ketua PC Kota Surabaya untuk periode kedua ia dijegal. “Saya dijegal lewat tata tertib dengan alasan saya anggota DPRD,” kata Kiai Asep. Padahal Kiai Asep mengaku sudah menyatakan mundur sebagai anggota DPRD Kota Surabaya. Kiai Asep memang hanya beberapa bulan jadi anggota DPRD Kota Surabaya.

Baca Juga: Barisan Loyalis Gus Dur Lumajang Deklarasi Dukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Yang mengherankan, tutur Kiai Asep, tatib pemlihan ketua itu ditetapkan saat jam istirahat sehingga banyak yang tak ikut. “Banyak ranting-ranting nangis karena saya terganjal. Akhirnya saya mundur sebagai calon (ketua PC),” kata Kiai Asep.

Menurut dia, di antara pengurus yang mengganjal ia maju sebagai calon ketua PC periode kedua adalah Mubarok dan beberapa pengurus lain. “Mubarok menjegal saya dengan cara-cara yang brutal. Tapi saya tidak dendam. Saat itu memang sedih tapi sekarang saya malah berterima kasih kepada Mubarok dan yang lain. Karena kalau saya gak diganjal dan saya jadi ketua PC periode kedua, mungkin saya tak punya pesantren besar seperti sekarang,” katanya.

Sebab, menurut Kiai Asep, saat itu ia punya program besar untuk . “Kalau saya jadi ketua PC periode kedua, berarti selama lima tahun saya fokus untuk mewujudkan program itu, kemungkinan saya tak bisa mendirikan pesantren seperti sekarang,” katanya.

Baca Juga: Puluhan Kiai dan Gawagis di Kabupaten Kediri Deklarasi Dukung Dhito-Dewi

Apa program besar Kiai Asep untuk saat itu? “Saya mau menjadikan MBODT itu sebagai museum nasional,” kata putra KH Abdul Chalim Luwimunding, salah seorang kiai pendiri itu. Menurut Kiai Asep, tak jauh dari MBODT itu ada tanah kosong. “Tanah itu mau saya beli untuk dibangun hotel dan perpustakaan nasional. Jadi hotel itu mau saya buat tempat nginap atau transit kalau ada pengurus atau kiai dari daerah lain ke Jawa Timur,” kata Kiai Asep. Ia optimistis program besar itu terwujud karena semua rencana sudah dipersiapkan.

"Tapi ternyata saya dijegal dalam pemilihan ketua PC untuk periode kedua," kata Kiai Asep. Akhirnya program besar itu terbengkalai.

"Gak papa. Tapi seharusnya, program saya itu kan diteruskan oleh ketua dan pengurus baru pengganti saya. Kan arsip dan dokumentasi program saya itu pasti ada di PC," katanya sembari menuturkan bahwa ketua baru yang terpilih adalah KH Abd Cholid, Ketua Tanfdziyah dan KH Miftahul Achyar, Rais Syuriah PC Kota Surabaya.

Baca Juga: Elektabilitas Terus Melejit, Khofifah: Banyak Doa Kita Temukan di Pasar

Namun, sekali lagi, ia bersyukur telah dijegal sehingga ia gagal menjadi ketua PC Kota Surabaya periode kedua. Dengan demikian ia bisa mewujudkan mimpi besarnya, yaitu membangun pondok pesantren bertaraf internasional yang santrinya mencapai 10.000 lebih dari seluruh Indonesia dan luar negeri.

Menurut dia, gagasan besar terwujud tak lepas dari tangan orang besar yang memang ditunjuk oleh Allah SWT. Cuma ia menyayangkan kenapa pengurus baru yang mengganti dirinya kok tidak bisa mewujudkan gagasan-gagasan besar yang sudah ia programkan.

Seperti diberitakan BANGSAONLINE.com, napak tilas tempat bersejarah Djawa Timoer yang populer dengan nama MBODT dilakukan PW, tiga hari setelah Kiai Asep tandatangan pemindahan hak milik kepada PB. MBODT Djawa Timoer dikenal sebagai markas para ulama yang berperang melawan penjajah terutama dalam pertempuran 10 November Surabaya. Pada perang inilah Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy’ari mengeluarkan fatwa Resolusi Jihad.

Baca Juga: Maulid Nabi Bersama Puluhan Ribu Muslimat di Pasuruan, Khofifah Ajak Teladani Akhlaq Rasulullah

Kiai Asep membeli MBODT itu awalnya karena diperintah Gus Dur. Saat itu Kiai Asep sedang menjabat sebagai Ketua PC Kota Surabaya. Sedang Gus Dur Ketua Umum PB.

Menurut Kiai Asep, tak mudah mencari di mana dan siapa yang punya hak milik tempat bersejarah itu. Namun karena perintah dari Gus Dur, maka Kiai Asep bekerja keras menelusuri, mencari gedung dan tanah MBODT itu.

Akhirnya tanah dan gedung MBODT itu ditemukan di Jalan Satria RT 17 RW 03 Kedungrejo Waru Sidoarjo Jawa Timur. Kiai Asep langsung laporan kepada Gus Dur, kalau MBODT sudah ditemukan.

Baca Juga: Ketum Pergunu Prof Kiai Asep: Ratu Zakiyah Simbol Idealisme Kita

Bagaimana respons Gus Dur? “Yo tukuen…! (Ya dibeli…!),” kata Kiai Asep menirukan perintah Gus Dur sembari tersenyum. Padahal saat itu kondisi ekonomi Kiai Asep belum seperti sekarang.

“Kondisi keuangan saya saat itu masih pas-pasan,” kata Kiai Asep sembari tersenyum. Namun Kiai Asep tak mengeluh. Ia justru berusaha cari uang agar aset bersejarah itu bisa diselamatkan.

“Saya carikan uang. Ya tak lepas dari pengorbanan uang pribadi,” kata kiai yang kini memiliki santri 10.000 orang lebih itu.

Baca Juga: Kiai Asep Bentuk Saksi Ganda Mubarok dan Khofifah-Emil, Gus Barra Siap Biayai Siswa Berprestasi

Kiai Asep lalu berusaha mengumpulkan uang untuk membeli MBODT itu sesuai perintah Gus Dur. “Saat itu MBODT saya beli Rp 110 juta lebih. Kalau uang sekarang sekitar Rp 1 Miliar,” tutur Kiai Asep yang kini Ketua Umum Pergunu dan memberikan beasiswa kepada ratusan guru untuk kuliah S! dan S2 di Institut KH Abdul Chalim Pacet Mojokerto Jawa Timur. (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO