Cerita Amas, Anggota Banser yang Jalan Kaki Ngawi-Surabaya Demi Bertemu Gubernur Khofifah

Cerita Amas, Anggota Banser yang Jalan Kaki Ngawi-Surabaya Demi Bertemu Gubernur Khofifah Amas Ayudianto sungkem kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang menemuinya di Gedung Negara Grahadi. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Lelah dan penat yang dirasakan Amas Ayudianto seketika lenyap berganti syukur dan suka cita. Anggota Barisan Serbaguna () yang berjalan kaki sejauh 180 kilometer dari Jalan Gubernur Suryo, Ngawi hingga Jalan Gubernur Suryo, Surabaya itu akhirnya bertemu Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah menemui Amas di Gedung Negara Grahadi pada Jumat (22/11) petang. Pertemuan itu terasa istimewa karena bertepatan dengan ulang tahun Amas yang ke-40 tahun. Orang nomor satu di Jatim itu pun langsung menyiapkan tumpeng dan nasi kebuli begitu mengetahui Amas berulang tahun.

Baca Juga: Luar Biasa! Survei Indikator: 92,7% Warga Jatim Sukai Khofifah, Elektabilitasnya Capai 61,2%

"Alhamdulillah, terbayar sudah lelah saya berjalan kaki Ngawi-Surabaya. Ibu Gubernur, Bu Nyai Khofifah berkenan menemui saya. Bahkan beliau memberi ucapan selamat ulang tahun dan merayakan ulang tahun saya," ujar Amas saat dihubungi via telepon, Sabtu (23/11) malam.

Amas awalnya tak berharap banyak selain bisa menyampaikan langsung amanah dari ibunya yang merupakan anggota Muslimat NU di Kedunggalar, Ngawi. Namun keberuntungan berpihak pada anggota Satkoryon Kedunggalar itu. Selain bertemu panutannya, Khofifah, ia juga bisa merayakan ulang tahun yang selama hidupnya tak pernah dirayakan.

Malam itu, Gedung Negara Grahadi seolah seperti ikut merayakan tasyakuran Amas. Apalagi sejumlah pengurus Pimpinan Wilayah GP Jatim juga turut menyambut kedatangan yang telah berjalan kaki ratusan kilometer tersebut. Setidaknya ada M. Asrory, Wakil Ketua PW Jatim dan M. Nur Aminuddin, Dewan Instruktur Jatim yang juga Komisioner Komisi Informasi (KI) Jawa Timur.

Baca Juga: Maulid Nabi Bersama Puluhan Ribu Muslimat di Pasuruan, Khofifah Ajak Teladani Akhlaq Rasulullah

"Ini anugerah yang luar biasa, selain bertemu Ibu Gubernur, saya juga bisa bertemu para pimpinan wilayah GP dan para sahabat . Mereka ini adalah para panglima saya. Ini pengalaman yang tak terlupakan," imbuhnya.

Amas mengungkapkan selama perjalanan banyak pengalaman menarik yang ia alami. Di antaranya, banyak ibu-ibu yang minta didoakan agar anaknya rajin sekolah dan bisa lulus ujian. Mereka minta doa padanya, karena mempercayai seorang musafir yang sedang menjalankan amanah doanya diijabah Allah.

Baca Juga: Forum Guru Madin dan Calon Bupati Tuban Siap Menangkan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Ia pun dengan senang hati menuruti permohonan tersebut dengan memanjatkan doa. Prinsipnya, ia yakin selama permohonan itu positif akan dikabulkan Allah. Apalagi selama perjalanan dirinya juga banyak mendapat kemudahan. Mulai MWC NU Taman di Sidoarjo yang merupakan titik akhir persinggahan, para sahabat tak sekadar mengawalnya dengan sepeda motor, banyak di antaranya ikut berjalan kaki bersama. Bahkan ada yang tanpa mengenakan alas kaki.

"Sejak awal saya niatkan perjalanan ini sebagai syi'ar dan dakwah sebagai kader NU. Kalau ada yang minta didoakan, ya saya doakan. Padahal saya bukan kiai, tapi banyak minta didoakan selama perjalanan. Ini membuat saya terharu," tandasnya.

Sementara itu, Khofifah memberi wejangan agar Amas terus berkhidmat sebagai dan menjaga ulama. Ketua Umum Muslimat NU ini juga berpesan agar Amas menjaga dan mengamalkan ajaran Ahlussunah Wal Jamaah yang merupakan akidah warga NU.

Baca Juga: Pekerja MPS Tuban Mantap Pilih Khofifah, Gubernur Paling Berpihak pada Industri Padat Karya SKT

"Jangan lupa terus berorganisasi, karena dengan berorganisasi kita bisa bermanfaat. Apalagi organisasi warisan ulama seperti dan , Insya Allah membawa berkah," pungkas perempuan yang dikenal sebagai santrinya Gus Dur ini. (mdr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO