Lupa Matikan ​Tumang, 2 Rumah di Jember Ludes Terbakar, Termasuk Koleksi Motor dan Sepeda Kuno

Lupa Matikan ​Tumang, 2 Rumah di Jember Ludes Terbakar, Termasuk Koleksi Motor dan Sepeda Kuno Dibantu warga, petugas Damkar berhasil memadamkan kobaran api.

Listen to this article

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dua rumah di Jalan Hayam Wuruk Gang 1 RT 02 RW 01 Lingkungan Kaliwates Kidul, Kelurahan/ Kecamatan Kaliwates, Jember, Jawa Timur, ludes terbakar. 

Musibah kebakaran yang terjadi pada Jumat (17/1) sekitar pukul 2 siang itu diduga akibat pemilik rumah, yakni Astinah alias Bu Misdi (70) lupa mematikan tumang (tungku) yang digunakan memasak di rumahnya.

Sehingga rumah miliknya dan milik anaknya ludes terbakar habis dan kerugian ditaksir kurang lebih ratusan juta rupiah. Karena diketahui juga di dalam rumah, banyak koleksi motor dan sepeda tua yang bernilai mahal.

"Saat itu, Nenek Astinah sedang memasak menggunakan tumang. Dugaannya sumber api dari tempat masak itu," kata Ketua RW 01 Zainul Hadi saat dikonfirmasi wartawan di lokasi kebakaran.

Karena Astinah yang sudah rabun matanya, dan umurnya sudah tua, diduga ia tidak memperhatikan kobaran api yang semakin membesar.

"Bukannya memadamkan api yang membesar, malah mengeluarkan barang-barang miliknya," sambungnya.

Besarnya kobaran api akibat hembusan angin kencang dari arah selatan, membakar bagian rumah paling depan. Sehingga rumahnya ludes terbakar api. 

"Besar tadi apinya. Membakar semua bagian rumah. Awal bagian depan, dan merambah ke bagian belakang rumah seluruhnya. Ada dua rumah, milik Pak Misdi (Suami Nenek Astinah) dan milik anaknya Eko," jelas Zainul.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO