Kenalkan Budaya Sejak Dini, Pemkab Bangkalan Gelar Pemilihan Cong Kene' dan Bhing Ana'

Kenalkan Budaya Sejak Dini, Pemkab Bangkalan Gelar Pemilihan Cong Kene Aksi para peserta Pemilihan Cong Kene' dan Bhing Ana' di atas panggung.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan melalui Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar Pemilihan Cong Kene' dan Bhing Ana' di Gedung Rato Ebuh Bangkalan, Rabu (22/1).

Mengangkat tema "The Miracle of Mother Eternal Spirit for Better Future", kegiatan ini diikuti oleh 66 Cong Kene' dan 115 Bhing Ana' dari kategori A dan B.

Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin mengatakan, kegiatan ini merupakan miniatur dari kegiatan Kacong Jebbing Bangkalan. Dengan tujuan untuk pengembangan minat dan bakat anak sejak dini. Selain itu, juga untuk memperkenalkan budaya daerah sejak dini agar lebih dicintai.

"Dari perhelatan ini kan, nanti anak-anak diajak untuk menampilkan kemampuannya, sehingga anak bisa berani mengembangkan apa yang dimiliki nya," ujar Ra Latif, sapaan akrab bupati.

Sedangkan untuk kegiatan lebih lanjut, ia mengatakan akan melibatkan peran Cong Kene' dan Bhing Ana' di acara-acara pemerintahan seperti yang dilakukan oleh Kacong Jebbing dewasa sebelumnya.

Senada dengan bupati, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Faisol mengatakan, kegiatan ini menjadi salah satu upayanya untuk mengurangi dampak permainan gadget bagi anak sejak dini.

"Jadi, melalui kegiatan ini diharapkan anak-anak dapat mencintai kembali permainan tradisional serta dapat memahami budaya dan kesenian Madura agar tidak terlalu kecanduan bermain gadget," harapnya.

Perihal pendanaan yang beredar di masyarakat, bahwa kegiatan ini menghabiskan dana hingga Rp 500 juta, Faisol mengatakan itu tidak benar adanya.

"Nggak, tidak sebesar itu biaya acara ini, banyak sponsor yang terlibat. Yang jelas biayanya di bawah 100 juta rupiah," ujarnya. (ida/uzi/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO