Dana Desa di Bangkalan Ditargetkan Cair Maret Ini

Dana Desa di Bangkalan Ditargetkan Cair Maret Ini Akhmad Ahadiyan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Dana Desa (DD) di Lingkungan Kabupaten Bangkalan sebesar Rp 330 miliar ditargetkan cair bulan Maret 2020.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bangkalan Akhmad Ahadiyan mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan Peraturan Bupati (Perbup) dan SK Bupati. Namun, untuk pencairannya masih menunggu pihak desa menyelesaikan administrasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Baca Juga: Tuntutan Warga Batah Barat Bangkalan saat Datangi Inspektorat

"Jadi untuk saat ini kebalik sistemnya. Kalau dulu kan APBDes selesai, kita yang dikejar kepala desa karena harus menunggu Perbup dan SK Bupati. Tapi kalau sekarang tidak, kita pencairannya menunggu kepala desa karena Perbup dan SK Bupati sudah ada," ujarnya saat ditemui di kantornya, Senin (2/3).

Dikatakannya, tidak ada batas waktu bagi kepala desa untuk menyerahkan APBDes. Hanya saja, lebih cepat lebih baik, sehingga Dana Desa bisa segera dicairkan. Namun hingga saat ini, belum ada kepala desa yang menyetorkan APBDes.

"Perihal pencarian, kalau tahun lalu kan cairnya 20, 40, 40. Tapi kalau sekarang 40, 40, dan 20. Dan pencairannya disesuaikan dengan selesainya kegiatan desa, progres tiap desa pasti berbeda-beda kan," jelasnya.

Baca Juga: Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan Kades, Pj Bupati Wanti-Wanti soal Pencairan Dana Desa

Oleh karenanya, ia mengimbau kepada seluruh kepala desa untuk secepatnya menyelesaikan administrasi APBDes agar dana desa atau alokasi dana desa di Kabupaten Bangkalan bisa segera terealisasikan. (ida/uzi/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO