UPDATE: ODR Covid-19 Kota Batu Capai 303 Orang, ODP 34 Orang

UPDATE: ODR Covid-19 Kota Batu Capai 303 Orang, ODP 34 Orang Guna mencegah penyebaran virus Corona, tiap-tiap desa melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lingkungannya masing-masing.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Jumlah Orang Dalam Risiko (ODR) di meningkat tajam menjadi 303 orang. Padahal pada pada 21 Maret 2020 kemarin hanya berjumlah 106 orang. Demikian juga dengan Orang Dalam Pemantauan (ODP) meningkat menjadi 34 orang. Padahal per 21 Maret 2020 masih 16 orang.

"Ini data dari Dinas Kesehatan. Namun terkait dengan penyebab meningkatnya jumlah ODR yang terus meningkat, yang bisa menjelaskan adalah Dinkes," ungkap Mochammad Agoes Machmoedi, Kepala Disinfokom yang juga Koordinator Bidang Infokom dalam Gugus Tugas PBNPP , Senin (23/3) sore.

Baca Juga: Usung Sigap Pilkada Damai, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Kota Batu

Disinggung tentang kabar ditetapkannya Surabaya dan Malang sebagai wilayah transmisi lokal yang beredar di media sosial, Agoes tidak berani memastikan informasi tersebut.

"Memang banyak informasi berseliweran yang ada di masyarakat. Tentunya kami hanya mengambil sumber informasi yang resmi. Namun nanti kami cek dulu kebenaran informasi tersebut," jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Agung Sedayu, Pelaksana Harian Gugus Tugas PBNPP . Menurutnya, informasi jumlah ODR yang mengalami kenaikan itu memang benar. Namun, ia juga tidak berani menjawab penyebab pasti kenaikan jumlah ODR maupun ODP covid-19 di .

Baca Juga: Masuk Batas Waktu dari Satpol PP, Sejumlah PKL Sultan Agung Kota Batu Enggan Bongkar Kios

"Ya, benar. Tapi saya tidak tahu apa alasan kenaikan jumlah ODR dan ODP ini. Dinkes yang tahu," tuturnya.

(dr. Endang)

Baca Juga: Sah! KPU Undi dan Tetapkan Nomor Tiga Paslon Peserta Pilwali Batu 2024

Sementara itu, dr. Endang, Sekretaris Gugus Tugas PBNPP mengungkapkan, meningkatnya jumlah ODR maupun ODP di karena masyarakat masih banyak yang keluar daerah yang masuk kategori terdapat penyebaran .

"Meningkatnya jumlah ODR maupun ODP di ini karena banyak masyarakat yang masih keluyuran. Saat ini yang utama dilakukan adalah bagaimana kita mengisolasi diri masing-masing agar cepat memutus mata rantai ini," ungkapnya.

Mengantisipasi semakin meluasnya penyebaran virus Corona, tiap-tiap desa di telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lingkungannya masing-masing. Seperti yang dilakukan warga Desa Giripurno, Bumiaji, , Senin (23/3) sore.

Baca Juga: Pj Wali Kota Batu Apresiasi Kolaborasi Petani Jeruk Keprok, Hand Painted Rokhim dan Hotel Aston Inn

"Dengan cairan disinfektan buatan sendiri, warga yang terdiri dari karang taruna, linmas, PKK, Pemdes, Tagana, Forum Anak, dan FPRB Giripurno melakukan penyemprotan di fasum, lingkungan sekolah, tempat ibadah, balai desa, dan di masing-masing dusun," ujar Suntoro, Kades Giripurno. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO