Jumlah PDP Corona di Jember Bertambah jadi 6 Orang, ODP 107 Orang, ODR 439 Orang

Jumlah PDP Corona di Jember Bertambah jadi 6 Orang, ODP 107 Orang, ODR 439 Orang Ilustrasi

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di bertambah 1 orang, sehingga total menjadi 6 orang per 25 Maret 2020. Penambahan satu PDP ini setelah adanya peningkatan status dari orang dalam pemantauan (ODP) yang menunjukkan gejala tambahan. Yakni mengalami sesak napas dan suhu badan lebih dari 38 derajat celcius.

Sementara untuk 2 orang PDP lainnya, sudah dinyatakan negatif Corona. Yakni satu pasien sudah pulang, dan satu orang lagi masih dalam perawatan di rumah sakit.

Baca Juga: 5 Kendaraan Terlibat Kecelakaan Beruntun di Jember

"Untuk PDP di bertambah 1 orang. Sebelumnya pasien ini ODP," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gatot Triyono saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Rabu (25/3/2020) sore.

Terkait kenaikan status dari ODP menjadi PDP, kata Gatot, karena pasien menunjukkan gejala tambahan. "Yakni mengalami sesak napas, dan suhu badan tinggi lebih dari 38 derajat celcius. Setelah sebelumnya hanya menunjukkan gejala batuk dan pilek," ungkapnya.

Diketahui, pasien PDP tambahan itu ber-KTP luar kota, dan tinggal di Kecamatan Kaliwates untuk bekerja di . Namun Gatot enggan menyebutkan detail identitas pasien berasal dari kota mana.

Baca Juga: Wanita di Jember Tewas Terlindas Truk Akibat Jatuh dari Boncengan Motor Ayahnya

"Informasi yang saya terima, pasien ini bekerja di , tinggal di Kecamatan Kaliwates. KTP-nya luar kota, riwayat bepergian dari mana juga tidak tahu. Info yang saya tahu hanya itu," ujarnya.

Selain PDP, Gatot juga menyampaikan update terkait orang yang masuk kategori ODP, yakni bertambah menjadi 107 orang setelah sebelumnya 93 orang.

"Kemudian untuk ODR kini menjadi 439 orang. 27 orang dinyatakan sehat," ucapnya.

Baca Juga: Kurang Konsentrasi, Dua Pelajar di Jember Tewas Usai Alami Kecelakaan

Gatot juga membenarkan, mengenai video yang beredar di medsos, adanya pasien rujukan dari RS Bina Sehat. "Untuk ODP ini juga ada rujukan dari RS Bina Sehat siang tadi, yang kemudian dirujuk di RSD dr. Soebandi dan dirawat di ruang isolasi," katanya.

"Apakah santri dan pemuda, kemudian asal dari Kecamatan Sukowono, seperti yang viral di medsos itu, saya tidak tahu. Hanya tahunya rujukan dari RS Bina Sehat," sambungnya.

Dengan pertambahan cepat mengenai Virus Corona ini, Gatot mengimbau masyarakat agar menaati aturan dan imbauan yang sering disosialisasikan.

Baca Juga: PKB Jember Buka Pendaftaran Cabup-Cawabup dalam Pilkada 2024

"Tetap di rumah saja, jika tidak penting jangan keluar, sering cuci tangan dengan air mengalir. Ojo ngeyelan," pungkasnya. (ata/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO