Tukang Potong Rambut Ngaku Relawan Pemkab dan Kumpulkan KTP, Langsung Dibawa ke Polres

Tukang Potong Rambut Ngaku Relawan Pemkab dan Kumpulkan KTP, Langsung Dibawa ke Polres Markas Polres Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Pria bernama Saiful Basori yang mengaku-ngaku sebagai relawan Pemkab , dibawa warga Lingkungan Ledok Lor, Kelurahan Kidul, Kaliwates, ke Mapolres , Selasa (14/4/2020) malam.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai tukang pangkas rambut ini, diduga meresahkan warga, karena menggalang fotokopi KTP dan KK di lingkungan setempat.

Baca Juga: 5 Kendaraan Terlibat Kecelakaan Beruntun di Jember

Menurut warga, penggalangan identitas tersebut dikhawatirkan akan disalahgunakan si pengepul. Sementara saat wartawan mengkonfirmasi hal ini ke Pemkab , dipastikan tidak ada relawan atau siapa pun yang ditugaskan untuk mengumpulkan fotokopi identitas warga.

Ketua RW 22 Lingkungan Ledok Lor Muhammad Rifai menjelaskan, mulanya pada siang harinya ia mendapat informasi dari grup WhatsApp (WA) RW se-kelurahan Kidul, bahwa ada salah seorang warga yang meminta fotokopi KK dan KTP, dengan dalih untuk pendataan bantuan Covid-19 dari Pemkab .

"Tentu saja informasi itu sempat membuat gaduh di grup tersebut, lantaran para ketua RW merasa dilangkahi wewenangnya. Biasanya jika memang program dari pemerintah daerah, pastinya akan melalui RT/RW di lingkungan masing-masing," kata Rifai saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (14/4/2020) malam.

Baca Juga: Wanita di Jember Tewas Terlindas Truk Akibat Jatuh dari Boncengan Motor Ayahnya

Apalagi kemudian, lanjut Rifai, Lurah Kidul yang tergabung dalam grup WhatsApp RW, sudah memastikan bahwa tidak ada program dari Bupati untuk meminta fotokopi KK dan KTP.

"Lah baru dibahas di WA itu, sekitar jam 7 malam ini tadi, relawan ini sudah keliling di lingkungan kami. Bahkan 70 KK yang dimintai fotokopi identitas (KK dan KTP) dari total 120 KK," katanya.

Lantaran merasa resah dengan kegiatan pendataan yang tak jelas ini, Rifai pun langsung menginstruksikan warganya menolak pendataan melalui pengeras suara musala agar tidak menyerahkan data fotokopi KK dan KTP. Dan bagi yang terlanjur memberikan, diimbau meminta kembali data yang terlanjur diberikan.

Baca Juga: Kurang Konsentrasi, Dua Pelajar di Jember Tewas Usai Alami Kecelakaan

Ternyata, relawan yang mengaku dari pemkab ini, merupakan warga yang juga tinggal di lingkungan setempat. "Namanya Pak Saiful Basori, sehari hari berprofesi sebagai tukang pangkas rambut itu. Jadi untuk meminta kembali data yang sudah dihimpun cepat," katanya.

Menurut Rifai, dalih yang digunakan oleh relawan yakni untuk pendistribusian bantuan penanganan Covid-19 Rp 400 Miliar dari Pemkab .

"Langsung saja kita panggil wartawan, dan langsung ke polres karena meresahkan warga ini. Agar ada tindakan tegas dari aparat hukum, karena ini melanggar hukum," tegasnya.

Baca Juga: PKB Jember Buka Pendaftaran Cabup-Cawabup dalam Pilkada 2024

Rifai menambahkan, dari peristiwa ini dirinya bersama beberapa warga, termasuk relawan yang mengaku utusan Pemkab dimintai keterangan di Mapolres dari pukul 10 malam.

"Tadi saya dengar saat interogasi, relawan ini masih ngaku jika benar-benar atas arahan bupati," pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah melalui ponselnya, Kepala Dinas Kominfo Gatot Triyono menegaskan, Bupati tidak pernah menginstruksikan melakukan pendataan meminta fotokopi KK dan KTP untuk bantuan Covid-19.

Baca Juga: Pensiunan PNS Daftarkan Diri Sebagai Cabup-cawabup Jember ke PDIP Jember

"Tidak benar, ada yang mengaku relawan dan mengatasnamakan utusan Pemkab ," kata Gatot. Namun demikian, hingga berita ini ditulis wartawan belum mendapatkan hasil resmi perihal interogasi dari pihak kepolisian. (ata/yud/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO