​Sempat Dirawat di Balai Diklat, Pilih Isolasi Mandiri, Pasien asal Arosbaya Kini Positif Covid-19

​Sempat Dirawat di Balai Diklat, Pilih Isolasi Mandiri, Pasien asal Arosbaya Kini Positif Covid-19 Ilustrasi

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Sempat dirawat di Balai Diklat , namun pilih melakukan isolasi mandiri, Ny. JN (38) asal Desa Arosbaya Kecamatan Arosbaya dinyatakan positif . Ny. JN positif karena kontak dengan suami yang positif dari klaster pelatihan PPIH Sukolilo, Surabaya.

Hal ini diungkapkan oleh Masturah, Kepala Puskesmas Arosbaya saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com. Ia membenarkan, pasien asal Dusun Bunalas tersebut sempat melakukan isolasi di Balai Diklat .

Baca Juga: Disambut Doa, Khofifah Ajak Santri Ponpes Al Anwar Bangkalan untuk Tempuh Pendidikan yang Tinggi

"Masuk tanggal 19, pulang tanggal 24 April," ujarnya secara singkat pada BANGSAONLINE.com, Kamis malam (30/4/2020).

Diizinkannya pasien untuk melakukan isolasi mandiri karena sudah bisa memenuhi poin-poin dari surat pernyataan yang telah tertanda tangani.

"Jika pasien tidak bisa memenuhi setiap poin dalam surat pernyataan, akan diminta untuk kembali menjalankan isolasi di Balai Diklat ," ujarnya.

Baca Juga: Ratusan Warga Madura Ramaikan Pelantikan Syafiuddin Jadi DPR RI Kedua Kalinya di Senayan

Namun sayangnya, belum seminggu kepulangannya dari Balai Diklat, Tim Gugus Tugas memberikan rilis jika Ny. JN asal Arosbaya positif . Hal itu disampaikan Agus Zain selaku Humas Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan melalui rilis tertulisnya yang dibagikan di WhatsApp Grup Mitra .

Dikatakan Agus, kronologi perjalanan pasien datang dari Bangil Pasuruan pada 7 April 2020. Kemudian, petugas surveilans desa setempat mendapatkan laporan suami Ny. JN adalah salah satu peserta pelatihan PPIH yang terkonfirmasi positif pada 18 April 2020. Esoknya, Ny. JN diminta untuk melakukan swab/PCR test guna mengetahui kemungkinan terpapar dari suaminya.

"Kemudian, sambil menunggu hasil swab/PCR, Ny. JN diperbolehkan pulang dengan menandatangani surat pernyataan isolasi mandiri," kata Agus.

Baca Juga: Koridor V Trans Jatim Rute Surabaya-Bangkalan Resmi Beroperasi

Selama isolasi mandiri, petugas surveilans melakukan tracing kepada 6 orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan Ny. JN dengan hasil rapid test semuanya negatif.

"Malam ini pukul 19.30 WIB Ny. JN dirujuk ke RSUD . Sedangkan untuk 3 orang anaknya akan dilakukan tes swab/PCR pada hari Sabtu, 2 Mei 2020," tambahnya.

Selain 1 pasien Arosbaya, Agus juga menyampaikan ada penambahan 1 kasus asal Kamal. Namun pihaknya belum mengetahui identitas dan alamat pasien dikarenakan baru mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga: Bawaslu Bangkalan Ajak Pemilih Pemula Awasi Pilkada, Foto dan Lapor Jika Temui Kecurangan

"Jadi total pasien saat ini di ada 11 orang," pungkas dia. (ida/uzi/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO