​Kesembuhan Pasien Covid-19 Jember Rendah, Tim Gugus Tugas dan Kadinkes Saling Lempar Klarifikasi

​Kesembuhan Pasien Covid-19 Jember Rendah, Tim Gugus Tugas dan Kadinkes Saling Lempar Klarifikasi

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten menembus angka 48 orang. Hal itu berdasarkan data terbaru Kamis (4/6/2020) malam. Ada penambahan 3 pasien dari sehari sebelumnya.

Kenaikan jumlah pasien tekonfirmasi positif Covid-19 ini berbanding terbalik dengan angka kesembuhan. Hingga saat ini, hanya 9 orang pasien saja yang dinyatakan sembuh.

Baca Juga: 5 Kendaraan Terlibat Kecelakaan Beruntun di Jember

Terkait rendahnya tingkat kesembuhan Pasien Covid-19 di Kota Tembakau ini, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten terkesan saling lempar klarifikasi.

Antara Kepala Diskominfo Gatot Triyono yang ditunjuk sebagai Humas Tim Gugus Tugas Covid-19, dengan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Dyah Kusworini saling lempar tugas untuk memberikan klarifikasi.

"Untuk itu (rendahnya tingkat kesembuhan Pasien Covid-19), saya tidak tahu informasinya, karena ranah Dinas Kesehatan," kata Gatot saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Jumat (5/6/2020).

Baca Juga: Wanita di Jember Tewas Terlindas Truk Akibat Jatuh dari Boncengan Motor Ayahnya

Menurut dia, yang mengetahui tolok ukur tingkat kesembuhan pasien Covid-19 adalah dokter. Sebagai orang yang ahli di bidangnya, dan yang menangani langsung pasien yang dirawat di rumah sakit. "Itu kan ranahnya dokter, saya tidak paham," katanya singkat.

Perlu diketahui, dengan jumlah pasien Covid-19 mencapai angka 48 orang, menempatkan Kabupaten pada urutan ketiga dengan jumlah pasien positif terbanyak di wilayah tapal kuda.

Secara berurutan, menurut data yang dirilis Provinsi Jatim, wilayah dengan jumlah pasien positif terbanyak di daerah Tapal Kuda adalah Kabupaten Probolinggo sebanyak 116 orang, Kabupaten Situbondo 65 pasien positif, disusul Kabupaten 48 orang.

Baca Juga: Kurang Konsentrasi, Dua Pelajar di Jember Tewas Usai Alami Kecelakaan

Gatot mengatakan, tambahan tiga pasien Covid-19 di , data Kamis (4/6/2020) malam berasal dari Kecamatan Jombang, Kecamatan Kalisat, dan Kecamatan Ambulu.

"Pasien ke-46 berasal dari Padomasan, Kecamatan Jombang memiliki kontak erat dengan pasien positif Covid-19 ke 30 di . Karena pasien merupakan saudara dari pasien terkonfirmasi ke 30 itu," katanya.

Untuk pasien Covid-19 ke-47, lanjut mantan Camat Kaliwates ini, berasal dari Desa Kalisat, Kecamatan Kalisat. Memiliki riwayat sempat mengunjungi rumah saudara di Kecamatan Sukorambi saat lebaran kemarin (24/5/20).

Baca Juga: PKB Jember Buka Pendaftaran Cabup-Cawabup dalam Pilkada 2024

"Sedangkan pasien terkonfirmasi ke-48 berasal dari Desa Sabrang, Kecamatan Ambulu. Sebelumnya, pada 23 April 2020 yang bersangkutan tiba ke dari Tangerang Selatan," sambungnya.

Sementara itu saat dikonfirmasi terpisah, Kadinkes Dyah Kusworini malah enggan berkomentar terkait perkembangan Covid-19. Dyah, panggilan akrabnya, mengatakan bahwa perkembangan ataupun informasi terbaru merupakan ranah Humas Tim Gugus Tugas Covid-19 untuk menjelaskan. 

"Sudah ada (Tim) Gugus Tugas ya," jawabnya singkat saat dikonfirmasi di gedung dewan.

Baca Juga: Pensiunan PNS Daftarkan Diri Sebagai Cabup-cawabup Jember ke PDIP Jember

Dyah yang ditemui usai menemui Pimpinan DPRD , hanya bergumam saat wartawan menanyakan tanggapannya. "Hmmm... Hmmmm...," sembari menutup pintu mobilnya dan pergi meninggalkan wartawan. (ata /yud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO