​Malala Yousafzai, Peraih Nobel Termuda, Lulus dari Oxford

​Malala Yousafzai, Peraih Nobel Termuda, Lulus dari Oxford Selamat berjuang. foto: metro.co.uk

BANGSAONLINE.com - Malala Yousafzai (22), Peraih Nobel Termuda, yang mana 8 tahun lalu pernah ditembak kepalanya oleh Taliban, lulus dari Oxford, dan sebagai sarjana Filsafat, Politik, dan Ekonomi (PPE).

Taliban sangat marah, ketika Malala, menyuarakan kesamaan hak bagi perempuan untuk mengenyam pendidikan. Dia pun ditembak oleh Taliban. Untungnya selamat. Dia dinyatakan sebagai Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian termuda yang pernah ada.

Baca Juga: Ratusan Wisudawan Universitas Harvard Walk Out, Protes 13 Mahasiswa Tak Lulus karena Bela Palestina

Dalam acara lulusan itu, dirinya dipenuhi oleh semburan gula dari kue, saat merayakan kelulusan bersama keluarganya.

Dia menulis: “Sulit untuk mengungkapkan kegembiraan dan terima kasih, saya saat ini bisa menyelesaikan gelar Filsafat, Politik dan Ekonomi saya di Oxford. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Untuk saat ini, membaca dan tidur.”

Pada 2012, dia selamat meski ditembak di kepala oleh Taliban di Pakistan karena berkampanye agar anak perempuan diizinkan pergi ke sekolah. Dia menjadi simbol global ketahanan wanita dalam menghadapi penindasan dan kemudian menjadi pemenang termuda dari Hadiah Nobel Perdamaian untuk advokasi pendidikannya, yang baru berusia 17 tahun.

Baca Juga: Khofifah Kader Ideologis Gus Dur, Loyalitas tanpa Batas

Warga dari seluruh dunia telah mengunjungi Twitter untuk memberi selamat kepada aktivis muda tersebut. Broadcaster Lauren Laverne menulis: "Tidak pernah begitu bahagia melihat seseorang tertutup kue! Selamat!."

Kelulusan Malala beberapa bulan setelah dia menghiasi sampul Teen Vogue. Aktivis ini ditampilkan dalam sebuah kisah yang disebut Decade of Youth Rising, bagian dari seri yang melihat kembali aktivisme pemuda sebagai bagian yang menentukan dari tahun 2010-an.

Dalam wawancara sampulnya, Malala berbicara kepada editor eksekutif Teen Vogue Samhita Mukhopadhyay membentangkan tentang perjuangannya untuk mendapatkan pendidikan bagi anak perempuan, kekuatan Greta Thunberg, dan kesehatan mental.

Baca Juga: Kenapa Gaya Jalan Khofifah sangat Cepat? Ini kata Pakar Bahasa Tubuh

Dia mengatakan kepada majalah itu: “Apa yang memberi saya harapan adalah bahwa dekade terakhir adalah satu dekade aktivisme kaum perempuan, tetapi yang berikutnya adalah tentang perubahan perempuan, dan itulah yang memberi saya harapan.” 

Baca Juga: Viral, Surat Suara di Taiwan Sudah Dicoblos Paslon Nomor Urut 3, KPU: Hoaks

Sumber: metro.co.uk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO