Petrokimia Gresik Panen Raya Padi Hasil Pupuk NPK Phonska Plus di Kota Madiun

Petrokimia Gresik Panen Raya Padi Hasil Pupuk NPK Phonska Plus di Kota Madiun Direktur Pemasaran Petrokimia Gresik, Digna Jatiningsih Mengikuti Panen Raya Padi Hasil Aplikasi Pupuk NPK Phonska Plus Bersama Wali Kota Madiun dan DPR RI. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia mendukung upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun meningkatkan produktivitas pertanian melalui panen raya padi hasil aplikasi pupuk NPK Phonska Plus pada lahan demonstration plot (demplot) di Kelurahan Winongo, Kecamatan Mangunharjo, Kota Madiun, Rabu (29/7).

Direktur Pemasaran Digna Jatiningsih menjelaskan bahwa ini merupakan upaya perusahaan mendukung pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan nasional di tengah wabah Covid-19.

Baca Juga: PPPI Gelar Deklarasi, Ini Pesan Direktur Operasi dan Produksi Petrokimia Gresik

Di mana, asupan pangan berkualitas menjadi sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. "Untuk menghasilkan pangan berkualitas dibutuhkan suplai pupuk berkualitas, dalam hal ini NPK Phonska Plus,” ujar Digna.

Dikatakan dia, aplikasi pupuk NPK Phonska Plus pada lahan demplot ini terbukti mampu meningkatkan produktivitas tanaman padi menjadi 9 ton/ha, atau meningkat 1 ton/ha dari hasil panen kebiasaan petani setempat sebesar 8 ton/ha.

Digna berharap pola pemupukan dalam demplot ini dapat diduplikasi oleh petani lain di Kota Madiun. "Selain mewujudkan ketahanan pangan, meningkatnya hasil panen juga dapat mendorong peningkatan kesejahteraan petani," terang Digna.

Baca Juga: Petrokimia Gresik Dukung Kemajuan Pertanian di Timor Leste

Hal ini, lanjut Digna juga merupakan upaya dalam membantu pemerintah memulihkan kondisi perekonomian di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (ABK).

Adapun pemupukan berimbang rekomendasi yaitu menggunakan pupuk organik Petroganik (500 kg/ha), NPK Phonska Plus (300 kg/ha) dan Urea (200/ha).

Dalam pola ini, Petrokimia Gresik juga mengajak petani untuk menjaga kelestarian alam melalui penggunaan pupuk organik. Sedangkan penggunaan NPK Phonska Plus berfungsi untuk meningkatkan produktivitas tanaman padi.

Baca Juga: Petrokimia Gresik Dukung Program Closed Loop Kemenko Perekonomian

NPK Phonska Plus merupakan pupuk komersil unggulan dengan formulasi15-15-15 yang diperkaya dengan unsur hara mikro Zink. Pupuk ini menjadi relevan karena kandungan Zink pada lahan pertanian di Indonesia sudah sangat berkurang. "Jadi, inilah keunggulan NPK Phonska Plus yang tidak dimiliki NPK Phonska bersubsidi," terangnya.

Sementara kegiatan panen raya tersebut dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah risiko penyebaran Covid-19.

Dalam kesempatan ini, juga bekerja sama dengan distributor dan pemilik kios resmi di Kota Madiun untuk memberikan bantuan sembako, tangki hand sprayer dan Alat Pelindung Diri (APD) kepada petani setempat.

Baca Juga: Milenial Petrokimia Gresik Kampanyekan Pemupukan Berimbang di Sentra Tani Bawang Putih Tawangmangu

Hal itu sangat penting mengingat berdasarkan data Pemerintah Provinsi (Pemprov) JawaTimur, Kota Madiun masih dalam kategori Risiko Sedang (warna oranye) untuk penularan Covid-19. Ini berbeda dengan Kabupaten Madiun yang berbatasan langsung dan hanya memiliki Risiko Rendah (warna kuning).

Tingginya risiko penularan ini berpotensi mengancam produktivitas pertanian. "Semoga bantuan ini dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Madiun. Sehingga produktivitas pertanian dalam rangka menjaga ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani juga tetap terjaga," pungkas Digna. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO