BLT JPS Jilid II untuk 80 Ribu KPM Terdampak Covid-19 di Gresik Cair

BLT JPS Jilid II untuk 80 Ribu KPM Terdampak Covid-19 di Gresik Cair Mujid Riduan.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bantuan Langsung Tunai (BLT) program Jaring Pengaman Sosial (JPS) jilid II untuk warga terdampak Covid-19 di Gresik akhirnya cair. Badan Pendapatan Pegelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) sejak 28 Juli lalu sudah mencairkan bantuan yang bersumber dari APBD itu ke rekening desa dan kelurahan.

Wakil Ketua DPRD Gresik, Mujid Riduan mengaku telah mendapatkan pemberitahuan dari perihal cairnya BLT JPS Jilid II.

Baca Juga: Kunjungi Wisata Mangrove Karangkiring Gresik, Ning Nurul Lakukan Pembinaan 10 Program Pokok PKK

"Sudah cair. Per tanggal 28 Juli, BLT JPS sudah dicairkan ke rekening desa dan kelurahan masing-masing, kemudian didistribusikan oleh kepala desa kepada para keluarga penerima manfaat (KPM), masing-masing Rp 600 ribu," ujar Mujid Riduan kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (30/7).

Menurut Mujid, pencairan BLT JPS jilid II kali ini diperuntukkan bagi 80 ribu KPM dari total 116 ribu KPM yang tersebar di 18 kecamatan se-Kabupaten Gresik. Sedangkan sisa 36 ribu KPM akan dilakukan pencairan pada tahap selanjutnya.

"Jadi, yang sudah cair ini desa atau kelurahan yang sudah setor SPJ untuk penacairan jilid II," ungkap Ketua DPC PDIP Gresik ini.

Baca Juga: Plt Bupati Gresik Salurkan 335 Paket BLT DBHCHT di Ujung Pangkah dan Panceng

Menurut Mujid, BLT JPS ini sangat membantu KPM, karena ekonomi mereka sangat terdampak selama pandemi Covid-19 yang sudah berjalan lebih dari 4 bulan ini.

"Apalagi saat ini juga momen Hari Raya Idul Kurban 1441 H. Jadi, sangat pas sekali pencairan BLT JPS ini," ungkap Mujid.

Sementara Ketua RW 10 Desa Kembangan Kecamatan Kebomas, Katik Alfarisi membenarkan kalau BLT JPS dampak Covid-19 jilid II sudah cair. "Alhamdulillah, sudah cair pak. Hari ini diterimakan," katanya.

Baca Juga: 2.000 ASN Pemkab Gresik Ikuti Pembekalan Penilaian Kompetensi 2024

Katik mengakui bahwa warganya sudah lama menantikan pencairan BLT JPS jilid II. "BLT ini sangat membantu sekali warga kami di saat ekonomi sulit seperti saat ini," pungkasnya.

Seperti diberitakan, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Gresik, Sentot Supriyohadi menyatakan, untuk pencairan BLT JPS jilid II bulan Juli berbeda dengan bulan sebelumnya. Kalau pada bulan Juni BLT JPS untuk 116 ribu cair melalui 4 gelombang, untuk BLT JPS jilid II dicairkan hanya 2 gelombang.

Untuk pencairan gelombang I sebanyak 80 ribu KPM. Sementara, 36 ribu KPM sisannya dicairkan pada gelombang II. (hud/rev)

Baca Juga: Dinas Pendidikan Gresik Teken MoA dengan Unesa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO