TMMD ke-109, Kodim 0812 Lamongan Raih Juara II Nasional

TMMD ke-109, Kodim 0812 Lamongan Raih Juara II Nasional Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono saat menerima penghargaan. (foto: ist)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Kerja keras jajaran Kodim 0812 Lamongan dan Pemerintah Kabupaten Lamongan bersama seluruh komponen masyarakat pada TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 di Desa Tebluru, Kecamatan Solokuro mendapatkan prestasi di tingkat nasional.

"Semangat bergotong royong, saling menghargai dan membantu sesama manusia merupakan hal yang tidak dapat ternilai harganya ketimbang raihan prestasi itu," ujar Dandim 0812 Lamongan Letkol. Inf. Sidik Wiyono, Selasa (1/12/2020).

Menurut Dandim, prestasi juara II nasional ini bukanlah tujuan utama pada TMMD ke-109. "Merawat kerukunan sesama bangsa melalui gotong royong merupakan tujuan utama dari TNI Manunggal Membangun Desa ke-109 yang dilaksanakan pada dua bulan lalu," terangnya.

Gotong royong masyarakat ini, kata Sidik, harus terus selalu digelorakan, karena merupakan karakter bangsa dan tentu hal itu merupakan perwujudan pengamalan Pancasila di kehidupan sehari-hari.

Menurutnya, pelaksanaan TMMD ke-109 tidak akan mungkin berjalan maksimal sesuai yang diharapkan, manakala TNI-AD tidak mendapatkan dukungan dari seluruh komponen masyarakat. Selain itu, juga ada keterlibatan organisasi yang dihuni oleh mantan-mantan teroris yang terlibat dalam pelaksanaan TMMD kemarin.

"Alhamdulillah para napi teroris, ternyata mau dengan TNI-Polri untuk turut serta membantu pembangunan fisik dan nonfisik pada TMMD ke-109," ujarnya .

Artinya, lanjut Dandim, mereka sangatlah bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Hal ini juga yang menjadi sisi lain dari TMMD ke-109 hingga mendapatkan apresiasi di tingkat nasional.

"Secara khusus, kami Kodim 0812 diberikan tugas agar pembangunan baik fisik dan nonfisik yang sudah dikerjakan pada TMMD ke-109 agar tetap merawatnya dan Alhamdulillah pipanisasi yang sudah kita kerjakan untuk pertanian sangat berguna untuk masyarakat desa setempat," tambahnya.

Letkol Sidik juga mengajak kepada seluruh komponen masyarakat agar terus produktif dan peduli dengan sesama bangsa.

"Mari kita terus bersama-sama untuk aktif dan peduli. Walaupun ini masa pandemi, kita harus tetap produktif untuk berprestasi," pungkasnya. (qom/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO