Hujan Deras, Dua Plengsengan Jalan di Batu Ambrol, Wawali Punjul Minta Warga Waspada

Hujan Deras, Dua Plengsengan Jalan di Batu Ambrol, Wawali Punjul Minta Warga Waspada Wawali Batu Punjul Santoso saat meninjau lokasi plengsengan ambrol di Kelurahan Temas. Foto kanan, plengsengan yang ambrol di Sumberbrantas.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Batu sejak Minggu (29/11) mengakibatkan plengsengan ambrol dan tanah longsor di Kota Batu. Plengsengan yang ambrol terletak di RT 05, RW 04 Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. Sedangkan bencana tanah longsor terjadi di Jalan Raya Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu, Agung Sedayu mengatakan, plengsengan yang ambrol di Kelurahan Temas sepanjang 7,5 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 5,5 meter. Plengsengan juga mengalami keretakan dengan panjang sekitar 11,5 meter.

Ditengarai, penyebab ambrolnya plengsengan ini tingginya intensitas hujan di Kota Batu pada Minggu (29/11) kemarin. Menyebabkan debit air yang mengalir di saluran drainase cukup besar. Aliran air membawa material batu dan sampah sehingga membuat saluran drainase tersumbat.

Sementara, di Jalan Raya Sumberbrantas, plengsengan non teknis juga mengalami ambrol dan menutup bahu jalan dan saluran drainase. Dimensi plengsengan yang ambrol sepanjang 6 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 10 meter.

"Kami sudah koordinasi dengan dinas teknis, dalam hal ini bidang Bina Marga Dinas PUPR. Kami sudah bagi tugas, BPBD menyiapkan material batu kali, pasir, dan semen untuk membangun plengsengan. Sedangkan dinas teknis yang membuat rencana teknisnya," jelas Agung, Selasa (1/12).

Kata Agung, pembangunan plengsengan yang ambrol di dua lokasi itu akan melibatkan warga dalam bentuk gotong royong. Pihak BPBD sudah koordinasi dengan perangkat desa setempat terkait pelaksanaannya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO