Peringati ​HAB ke-75, ASN Kemenag Tuban Diberi Pembinaan

Peringati ​HAB ke-75, ASN Kemenag Tuban Diberi Pembinaan Pembinaan terhadap ratusan ASN di lingkungan Kemenag Tuban di Pendopo Krido Manunggal, Senin (21/12/2020). (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-75, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban memberi pembinaan terhadap ratusan ASN di lingkungan di Pendopo Krido Manunggal, Senin (21/12/2020).

Pembinaan tersebut dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Mulai mencuci tangan pakai sabun sebelum acara, wajib memakai masker, dan menjaga jarak antara satu sama lain.

Baca Juga: Pemkab Tuban Raih SAKIP Predikat A

Dalam arahannya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Ahmad Zayadi meminta aparatur sipil negara (ASN) bisa melayani masyarakat dengan baik dan ramah. Terlebih, bisa mempresentasikan sebagai wakil Kementerian Agama, karena orang lain akan mengenali sebagai wakil Kemenag.

"Saya berharap keberadaan kita di Kementerian Agama bisa menjadi Uswatun Hasanah bagi masyarakat. Jangan pernah lepaskan identitas diri bahwa kita adalah orang Kementerian Agama," pesannya.

Ia juga mengajak ASN di lingkungan Kemenag untuk terus berinovasi. Selain itu, juga mengajak semua ASN untuk membangun ekosistem yang bersih melayani dan ramah. Ahmad Zayadi mencontohkan KUA yang berhasil menjadi ekosistem bawah yang ramah melayani, responsif terhadap tuntutan masyarakat, dan responsif terhadap perubahan teknologi.

Baca Juga: Pemkab Tuban Dapat Hibah Pesawat TNI AL

"Kepala KUA harus mampu menciptakan iklim kerja yang harmoni. Sebab, kekuatan hari ini ada pada kerja sama, kolaborasi kerja sama bukan kerja individu," pungkas Kepala Kemenag Jatim tersebut.

Di tempat terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban Sahid berterima kasih kepada bupati dan pemerintah daerah yang sudah banyak membantu program-program kemenag. Di antaranya, bantuan tanah seribu meter untuk KUA Parengan, bantuan masjid, pesantren, TPQ, insentif guru TPQ, bantuan MTQ, bantuan untuk para hufaz, program nikah massal, dan isbat nikah massal.

Baca Juga: Gelar Rakor, Pjs Bupati Tuban Tancap Gas Bahas Program Strategis

"Kami berterima kasih karena ZIS (Zakat, Infaq, Sedekah) dari ASN sekitar Rp 500 juta setiap tahunnya, dan saat ini Baznas Kabupaten Tuban menempati posisi urutan pertama di Jawa Timur yang mencapai Rp 14,5 miliar dari sebelumnya urutan ke-34," bebernya.

Sementara itu, Bupati Tuban Fathul Huda yang hadir pada acara tersebut memberikan apresiasi pada Kementerian Agama Kabupaten Tuban karena sudah bekerja sama dengan pemerintah daerah dengan sangat baik.

"Kemenag mengantarkan MTQ Jawa Timur sebagai juara umum dan mengantarkan juara nasional cabang tilawah," tutur Bupati Huda. (wan/zar)

Baca Juga: Berprestasi, 13 Atlet PON dan 4 Kafilah MTQ asal Tuban Dapat Reward

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO