Siapkan Bantuan, BHS Sambangi Korban Puting Beliung Segodobancang Sidoarjo

Siapkan Bantuan, BHS Sambangi Korban Puting Beliung Segodobancang Sidoarjo PEDULI: BHS saat mengunjungi korban puting beliung di Desa Segodobancang, Tarik, Sidoarjo, Selasa (16/2/2021). foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono () ikut prihatin terhadap musibah yang dialami sejumlah warga Desa Segodobancang, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo. Politikus Partai Gerindra itu mengunjungi warga desa tersebut, Selasa (16/2/2021) sore.

Selain menyatakan rasa prihatinnya, kedatangan juga untuk melihat kebutuhan warga yang rumahnya rusak diterjang angin puting beliung pada Minggu (14/2/2021) sore lalu.

Baca Juga: Upacara HUT ke-79 RI Bersama Masyarakat, BHS Gelorakan Semangat Nasionalisme

"Saya ikut prihatin dengan kondisi yang dialami sejumlah warga Segodobancang, Tarik ini. Saya ingin mempercepat pemulihan kondisi di desa ini akibat bencana," cetus saat melihat kondisi sejumlah rumah warga yang rusak, di Dusun Segodo RT 08/RW 01, Desa Segodobancang, Tarik.

Selain berbincang dengan warga yang rumahnya rusak akibat puting beliung, berdialog dengan seorang ibu warga setempat. Ia bercerita jika angin puting beliung juga membuat tumpukan buku pelajaran anaknya yang sekolah kelas 6 SDN, rusak karena diguyur hujan saat atap rumahnya jebol.

"Tentu kondisi tersebut juga butuh bantuan," ungkap mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 ini.

Baca Juga: Idul Adha 1445 H, BHS Bagikan Ribuan Paket Daging Kurban

berharap pemerintah setempat bisa hadir untuk mempercepat pemulihan akibat bencana tersebut. "Untuk sementara, saya percepat dengan bantuan-bantuan yang rencananya besok kita serahkan. Selanjutnya nanti pemerintah yang meneruskan," tandas alumni ITS Surabaya ini.

Kata , upaya pemulihan yang dilakukan pemerintah pasca bencana mestinya tidak lebih dari tiga hari. Sehingga warga bisa kembali beraktivitas, termasuk aktivitas perekonomian.

"Kami berharap upaya pemulihan setelah bencana tidak lebih dari hari," tegas yang juga Penasihat PT Dharma Lautan Utama (DLU) ini.

Baca Juga: Gelar Silaturahmi dan Bukber, BHS Ingin Sidoarjo Bisa Swasembada Pangan

Berdasarkan pendataan kebutuhan warga untuk memperbaiki rumahnya yang rusak, bakal menyiapkan bantuan material di antaranya berupa asbes sekitar 100 lembar, seng sekitar 24 lembar, dan bantuan uang tunai untuk pembelian buku pelajaran yang rusak akibat kehujanan.

Salah satu warga yang rumahnya rusak akibat angin puting beliung, Siti Lutfiyah (34) bercerita, saat kejadian pada Minggu (14/2/2021) lalu, dia sedang memasak di dapur untuk keperluan berbuka puasa.

"Hampir separuh atap rumah saya rusak kena angin kencang, termasuk atap kamar anak saya. Makanya semua buku pelajarannya rusak kena air hujan. Kami sangat berterima kasih atas kepedulian pak yang mau memberikan bantuan," cetus Lutfiyah di sela bertemu .

Baca Juga: Bupati Sidoarjo Serahkan Bantuan Bagi Korban Puting Beliung

Berdasarkan data yang dihimpun di lapangan dan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo, akibat angin puting beliung pada Minggu (14/2/2021) sore lalu, ada 10 rumah warga Desa Segodobancang, Kecamatan Tarik mengalami kerusakan.

Selain itu, satu gudang dan sebuah pos kamling juga rusak. Sebuah kandang peternakan ayam petelur juga mengalami rusak, karena beberapa atapnya beterbangan akibat puting beliung. (sta/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO