Petrokimia Gresik Sabet Penghargaan Terbaik I Kategori Pengembangan Talenta Unggul

Petrokimia Gresik Sabet Penghargaan Terbaik I Kategori Pengembangan Talenta Unggul Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo saat menerima penghargaan. (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com, Perusahaan Solusi Agroindustri Anggota Holding Pupuk Indonesia meraih penghargaan Terbaik I Kategori Pengembangan Talenta Unggul untuk Anak Perusahaan BUMN dalam ajang nasional Tahun ke-10 di Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Direktur Utama Dwi Satriyo Annurogo menyatakan bahwa pengembangan talenta adalah keniscayaan bagi , karena masa depan perusahaan ada di tangan generasi milenial yang jumlahnya saat ini melebihi 60 persen dari total karyawan di perusahaan.

Baca Juga: PPPI Gelar Deklarasi, Ini Pesan Direktur Operasi dan Produksi Petrokimia Gresik

"Peningkatan jumlah talent milenial yang duduk di posisi grade I dan II perusahaan merupakan salah satu hasil nyata dari keberhasilan program pengembangan talenta di ," ujarnya.

Keberhasilan lain yang dirasakan Petrokimia Gresik dalam bidang pengembangan talenta adalah peningkatan hasil asesmen, penurunan gap kompetensi, succession plan yang baik, serta hasil survei kepuasan karyawan dan keterikatan karyawan yang meningkat.

Dwi Satriyo lebih jauh menjelaskan bahwa talenta unggul di Petrokimia Gresik dikembangkan melalui program Talent Management yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu identifikasi dan seleksi talent, pengembangan talent, serta evaluasi.

Baca Juga: Petrokimia Gresik Dukung Kemajuan Pertanian di Timor Leste

Penetapan talent didasarkan dari nilai potensi karyawan atau hasil asesmen 2 tahunan, nilai performance (rata-rata nilai KPI 2 tahun), hasil uji kelayakan, dan rapat komite talent.

Pengembangan talent dilakukan Petrokimia Gresik secara mandiri, di mana pembelajaran mandiri diberikan melalui platform corporate university, pelatihan/workshop, sertifikasi, tugas belajar termasuk ke berbagai perguruan tinggi terbaik di luar negeri, job enrichment, sharing knowledge, rotasi/mutasi, dan penugasan menjadi instruktur.

Dwi Satriyo menambahkan, wabah Covid-19 yang melanda Indonesia sejak bulan Maret tahun 2020 lalu juga menuntut beradaptasi dalam program pengembangan talenta. "Untuk itu, di tahun 2020 kami meluncurkan modul digital learning agar program pembelajaran dalam rangka pengembangan talent tidak terganggu.

Baca Juga: Petrokimia Gresik Dukung Program Closed Loop Kemenko Perekonomian

"Hal ini sekaligus sebagai upaya mendukung pemerintah memerangi Covid-19 melalui kebijakan physical distancing," jelasnya.

Adapun modul digital learning yang dirancang antara lain virtual reality training untuk kompetensi produksi dan pemeliharaan pabrik NPK melalui skenario pembelajaran virtual dengan desain sesuai kondisi nyata.

Kemudian, augmented reality safety induction yang merupakan sistem pembelajaran safety induction berbasis aplikasi mobile, dan enterprise university menjadi platform e-learning terintegrasi dengan fitur video interaktif dan kolaboratif yang melibatkan mentor karyawan dalam pembelajaran, serta 360 plant gour, menjadi pembelajaran digital tentang area dan fasilitas pabrik tanpa kunjungan ke lokasi.

Baca Juga: Milenial Petrokimia Gresik Kampanyekan Pemupukan Berimbang di Sentra Tani Bawang Putih Tawangmangu

Penghargaan Anugerah BUMN bukan pertama kalinya diraih oleh . Di tahun 2018, pada ajang yang sama, Petrokimia Gresik meraih Juara I Kategori Pengembangan Talenta Terbaik dan Kategori Inovasi Bisnis Terbaik di tahun 2019, Juara II Kategori Inovasi Teknologi BUMN Terbaik, serta di tahun 2020 Juara I Kategori Transformasi Organisasi Terbaik. Kemudian, Juara II Pengembangan SDM Unggul Terbaik.

"Selain menjadi bukti nyata pengakuan publik terhadap program dan kinerja perusahaan, penghargaan ini juga diharapkan dapat memotivasi insan Petrokimia Gresik untuk terus mengembangkan diri dan berinovasi dalam menghadirkan solusi agroindustri," pungkas Dwi Satriyo. (hud/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO