Pengendara Motor di Kediri Ambil Sikap Sempurna Saat Mars Pancasila Dikumandangkan

Pengendara Motor di Kediri Ambil Sikap Sempurna Saat Mars Pancasila Dikumandangkan Pengguna jalan turun dari kendaraan ketika lagu Mars Pancasila dikumandangkan. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Peringatan di Kota berlangsung berbeda. Di Kota peringatan , 1 Juni 2021, dibarengi peluncuran Gerakan Kebangsaan Mengumandangkan Mars Pancasila oleh Wali Kota Abdullah Abu Bakar.

Tepat pukul 14.00 WIB, Mars Pancasila bergema di 17 Area Traffic Control System (ATCS) dan di beberapa pusat perbelanjaan.

Baca Juga: Satgas TMMD 122 Terus Kebut Rehab RTLH di Kediri

Kejadian menarik terekam di beberapa titik di Kota . Seperti di Simpang Empat Nabatiyasa, terlihat beberapa pengendara sepeda motor berhenti dan melakukan sikap sempurna saat Mars Pancasila dikumandangkan.

Peristiwa menarik lainnya juga terlihat di salah satu pusat perbelanjaan di Kota . Segala aktivitas terhenti sejenak. Karyawan berbaris rapi dan melakukan sikap sempurna saat mendengar Mars Pancasila.

Nantinya, Mars Pancasila akan sering didengar saat berada di tempat-tempat umum di Kota . Tepatnya pada pukul 14.00 WIB, Mars Pancasila akan dikumandangkan.

Baca Juga: Dengar Berbagai Masukkan, Cagub Risma Sapa Ribuan Warga Kediri di Kawasan SLG

Melalui gerakan yang diinisiasi oleh Wali Kota ini, diharapkan rasa nasionalisme terus membara dan nilai-nilai Pancasila dapat terus diresapi serta diaplikasikan oleh masyarakat.

Sementara itu, Wali Kota Abdullah Abu Bakar mengajak para milenial mengaplikasikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Ajakan ini disampaikan oleh wali kota usai mengikuti peringatan , Selasa (1/6), yang dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Polisi Tahan Pelaku KDRT di Kediri

"Kita perlu untuk membangkitkan dan mengaplikasikan Pancasila. Kita ada gebrakan setiap jam 2 siang mendengarkan lagu Mars Pancasila, nanti lama-lama semangat Pancasila akan kembali terbangun," terang wali kota.

Menurut wali kota, yang penting bisa meresapi dan menghayati Pancasila dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari karena dalam Pancasila mengandung etika, norma, dari sisi agama pun masih relate.

"Untuk pemuda, pegang teguh Pancasila karena itu suatu hal yang baik, identitas kita sebagai warga negara yang berkebangsaan," tandasnya.

Baca Juga: Mortir Diduga Peninggalan Belanda Ditemukan di Kediri

Upacara sendiri diselenggarakan secara virtual dari Istana Kepresidenan, Bogor, dan diikuti serentak oleh pimpinan lembaga tinggi negara, lembaga negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah di provinsi, kabupaten/kota, perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, dan para tokoh lainnya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Wali Kota Abdullah Abu Bakar bersama Forkopimda Kota mengikuti upacara secara virtual di Ruang Joyoboyo dengan memakai baju adat kediren.

Untuk diketahui, Tanggal 1 Juni resmi ditetapkan sebagai melalui Keputusan Presiden Joko Widodo Nomor 24 Tahun 2016. Presiden Joko Widodo menyampaikan keputusan ini melalui pidatonya pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Gedung Merdeka, Bandung Tanggal 1 Juni 2016 lalu. (uji/rev)

Baca Juga: Gegerkan Warga Balowerti Kediri, Kakak Bunuh Adik Usai Pesta Miras

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO