Lomba Desain Kaos, ‘Gempur Rokok Ilegal’ Berikut Hadiahnya

Lomba Desain Kaos, ‘Gempur Rokok Ilegal’ Berikut Hadiahnya Hendratno, Bagian Humas Bea Cukai Kota Kediri. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Keberadaan , yaitu produk rokok tanpa pita cukai, pita cukai palsu, pita cukai berbeda atau pita cukai bekas merugikan negara karena menutup pendapatan dari sektor pajak. Untuk itu perlu dibuka penutup pendapatan itu.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Kediri dan Bea Cukai Kediri, menyelenggarakan lomba desain kaos bertemakan 'Gempur Rokok Ilegal'.

Baca Juga: Polres Kediri Kota Tangkap Pelaku yang Aniaya Adik Kadungnya hingga Tewas, Apa Motifnya?

"Dalam melakukan suatu kampanye, tidak melulu soal sosialisasi tatap muka langsung, apalagi di situasi pandemi seperti saat ini," ungkap Hendratno, Bagian Humas Bea Cukai , Sabtu, (12/6).

Ia mengatakan perlu dibentuk suatu kewaspadaan masyarakat terhadap dengan media yang kreatif sehingga menarik minat masyarakat untuk mengonsumsi isi konten dari informasi tersebut.

"Salah satunya melalui desain kaos ini, melalui kreativitas dari para desainer, diharapkan dapat menghasilkan suatu karya yang eye-catchy namun juga syarat akan pesan gempur ," imbuhnya.

Baca Juga: Percepat Transformasi Digital, Sekda Kota Kediri Tekankan Pentingnya Kerjasama Kolaborasi Tenaga IT

Semakin banyak orang yang tertarik dengan kaos dengan desain yang menarik, lanjutnya, semakin besar pula kemungkinan masyarakat memahami dan menyadari supaya tidak menjual bahkan menggunakan rokok- tersebut.

Menurut Hedra, penerimaan cukai di kantor Bea Cukai Kediri mencapai Rp 26,1 triliun. Di mana wilayah kerjanya meliputi , Kabupaten Kediri, Kabupaten Nganjuk, dan Kabupaten Jombang.

"Saya optimis, melalui media desain kaos ini merupakan salah satu media kreatif dan unik yang dapat menarik atensi masyarakat dengan demikian informasi bisa diserap dengan maksimal," pungkas Hendra.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Tidak hanya itu, rupanya kegiatan ini membawa dua misi. Selain untuk mengampanyekan gempur , kegiatan berikut juga dimanfaatkan untuk membedayakan dan menstimulasi industri clothing di .

Seperti yang diungkapkan oleh Tintawati, Plt. Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian . "IKM clothing di Kota Kediri itu sangat kreatif, banyak inovasi yang mayoritas dimunculkan oleh para generasi-generasi millenial," ujarnya.

Hal tersebut yang membuat pihaknya mantap untuk menyelenggarakan lomba desain kaos untuk yang pertama kalinya. "Ini salah satu usaha kami untuk memberdayakan usaha dari para IKM clothing di dan mewadahi kreatifitas mereka," terang Tinta.

Baca Juga: Masuk Nominasi Award Peduli Ketahanan Pangan, Pj Wali Kota Kediri Paparkan Sejumlah Program

Ia juga mengungkapkan, dilihat dari animo peserta yang mendaftar, lomba ini mendapatkan respon yang bagus, utamanya dari para generasi millenial kreatif di .

Dijelaskan Tinta, adapun Dinas Perdagangan dan Perindustrian bersama dengan Bea Cukai Kediri menyediakan hadiah total 20 juta rupiah untuk 6 kriteria juara.

Selain itu, bagi karya yang belum lolos sebagai pemenang, pihaknya tetap akan memberikan apresiasi dengan memerkannya dalam clothing expo. Rencananya akan dilaksanakan di Kediri Town Square mendatang sekaligus sebagai puncak acara lomba desain kaos ini.

Baca Juga: Prawoto, Pensiunan PNS di Kota Kediri Rasakan Manfaat Program JKN di Usia Senja

"Bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti lomba ini, pendaftaran masih terus kami buka hingga tanggal 18 Juni, untuk informasi dan persyaratan bisa di cek melalui instagram kami @disperdagin_kotakediri atau @pemkotkediri," pungkas Tinta. (uji/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO