Bupati Gus Yani Siapkan Stadion Gejos Jadi RS Lapangan dan Tempat Isolasi Terpusat Covid-19

Bupati Gus Yani Siapkan Stadion Gejos Jadi RS Lapangan dan Tempat Isolasi Terpusat Covid-19

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) menyiapkan Rumah Sakit Lapangan di Stadion (Gejos) untuk Isolasi Terpusat Terpadu Covid-19.

Jumat (30/7/2021), Bupati menggelar rapat bersama sejumlah pihak yang berkompeten untuk merealisasikannya. Rapat dilaksanakan di Ruang Graita Eka Praja, Kantor Bupati .

Baca Juga: Otak Perampokan Disertai Pembunuhan Agen BRILink di Gresik Belum Tertangkap

Bupati menyampaikan rencana itu sesuai instruksi pemerintah pusat yang disampaikan melalui Forkopimda Jawa Timur. Di mana, isolasi terpusat disiapkan menyikapi kondisi banyaknya kasus pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) dan berakhir dengan kematian.

Berdasarkan fakta tersebut, Forkopimda Jawa Timur memerintahkan agar semua bupati dan wali kota untuk mengubah kebijakan isolasi mandiri menjadi isolasi terpusat.

"Kami merencanakan program isolasi terpusat ini ada di Rumah Sakit Lapangan , karena tempatnya memungkinkan. Target kami, Rumah Sakit Lapangan Gejos bisa menampung seribu pasien. Mari kita bahas, apa saja yang harus kita lakukan," ucap Bupati Gus Yani, didampingi Wabup Aminatun Habibah saat membuka rapat, Jumat (30/7/2021).

Baca Juga: Kajari Gresik Sebut Sisa Anggaran CSR dari Perusahaan di Desa Roomo Tembus Rp11 Miliar

Ada beberapa penambahan yang mutlak harus dilakukan yaitu tempat tidur dan perbaikan beberapa ruangan sehingga sesuai standar kebutuhan sebagai Rumah Sakit Lapangan.

"Kami akan menambah tempat secara bertahap, dan akan saya tambah sesuai kebutuhan semuanya sudah kami siapkan. Begitu juga tenaga kesehatan (nakes), kami akan mengoptimalkan tenaga yang ada ditambah relawan. Untuk instalasi oksigen sudah siap, tinggal mengalirkan saja," jelasnya.

Bupati menyatakan bahwa kebijakan penanganan kasus Covid-19 di sudah optimal. Saat ini sudah ada 10 puskesmas untuk perawatan tingkat pertama pasien Covid-19 dan 5 puskesmas untuk bersalin ibu hamil (bumil) Covid dan normal.

Baca Juga: Kunjungi Wisata Mangrove Karangkiring Gresik, Ning Nurul Lakukan Pembinaan 10 Program Pokok PKK

"Rumah Sakit Lapangan ini sifatnya hanya mendukung RSUD Ibnu Sina dalam penanganan pasien Covid-19. Sedangkan puskesmas adalah ujung tombak untuk menentukan tindakan lanjutan. Khusus untuk pasien sedang dan berat pasti akan dirujuk RS Ibnu Sina. Sedangkan yang tanpa keluhan, keluhan ringan menuju sedang diarahkan ke RS Lapangan. Semuanya dalam pengawasan RS Ibnu Sina," paparnya.

Stadion indoor di (Gejos) terdiri dari 3 lantai. Saat ini, stadion yang difungsikan sebagai tempat perawatan pasien Covid-19 tanpa gejala ini hanya menempati sebagian ruang di lantai I dan II. Sedangkan bila dioptimalkan bias menampung sampai seribu orang.

"Hari ini, kami langsung mengadakan survei ke lokasi, bagian mana yang bisa kita perbaiki dan kita tambahkan. Tentunya segala sesuatunya akan kita rundingkan dengan pihak RS Ibnu Sina," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gunawan Setijadi.

Baca Juga: Plt Bupati Gresik Salurkan 335 Paket BLT DBHCHT di Ujung Pangkah dan Panceng

Plt Dirut RS Ibnu Sina dr. Rudyanto Dwi A Sp.PD menyatakan kesiapannya untuk membantu. Dia akan mengirimkan beberapa tenaga teknis untuk memodifikasi ruangan, termasuk memodif selang oksigen agar bisa dipakai lebih banyak sambungan.

Sejumlah kepala OPD yang ikut hadir dalam rapat tersebut yakni, Kepala Dinas Kesehatan Saifuddin Ghozali, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Mokh. Najikh, Kepala BPBD Tarso Sagito, dan Kepala Polisi Pamong Praja Abu Hasan. Juga hadir Kepala Inspektorat Eddy Hadisiswoyo, dan pejabat lain. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO