Billy, Pemuda Kota Kediri yang Sukses Lebarkan Pasar Keripik Tempe Hingga Mancanegara

Billy, Pemuda Kota Kediri yang Sukses Lebarkan Pasar Keripik Tempe Hingga Mancanegara Pemilik Keripik Tempe Pakuaty, Billy Bachtiar, saat menunjukkan produknya. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Di tangan Billy Bachtiar, seorang pemuda asal Kota Kediri, tempe bisa berubah menjadi keripik yang merambah mancanegara. Sejak tahun 2017, produk milik Billy yang diberi nama "Pakuaty" sudah mampu menembus ke negara Amerika. 

“Untuk pengiriman di Amerika, produk yang dikirim mencapai 2.000 bungkus tiap periode kirim,” ujar Billy Bachtiar, Kamis (28/10). Untuk pengiriman luar negeri, ia mengaku bekerja sama dengan ekspedisi logistik.

Baca Juga: Percepat Transformasi Digital, Sekda Kota Kediri Tekankan Pentingnya Kerjasama Kolaborasi Tenaga IT

Ia mengungkapkan, tempe masuk kategori "super food" di luar negeri, sehingga harganya mahal. Karena itu, sangat potensial untuk pasar . Apalagi, produksnya sudah tersertifikasi Halal MUI, SNI, bahkan sertifikasi internasional.

Namun saat pandemi keperti ini, penjualan miliknya cukup terkendala pengiriman. Ia pun berharap kondisi segera pulih sehingga pengiriman ke luar negeri dapat kembali lancar.

“Saat ini pasokan ke Amerika masih terhenti terlebih dahulu. Saya optimalkan penjualan di Indonesia melalui online dan offline. Selain itu, saat ini juga sedang melakukan negosiasi pemasaran di Jerman dan Timur Tengah,” jelasnya.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Selain , ia juga memasarkan produk nya di pasar dalam negeri. Termasuk melalui Program Pusaka DPMPTSP Kota Kediri, yang memberikan kesempatan kepada UMKM untuk memasarkan produknya di swalayan berjejaring. Menurutnya, program tersebut cukup mendukung keberlangsungan usahanya selama pandemi.

Dengan produksi yang terbilang industri kecil menengah (IKM), Billy berpesan kepada pelaku usaha di Kota Kediri agar semangat untuk bisa menembus pasar dunia. Menurutnya, semua memiliki kesempatan yang sama. Ia bahkan siap untuk berbagi pengetahuan tentang pemasaran .

“Banyak yang beranggapan bisa harus dibarengi dengan produksi yang gede. Usaha ini yang masih memiliki kapasitas produksi dan omzet yang tidak seheboh yang dipikirkan orang juga bisa , maka teman-teman yang lain juga bisa begitu. Kita bisa bersama-sama membawa nama Kota Kediri ke pasar ,” ujarnya.

Baca Juga: Masuk Nominasi Award Peduli Ketahanan Pangan, Pj Wali Kota Kediri Paparkan Sejumlah Program

Ia juga berharap bisa memberikan dukungan lebih kepada pelaku UMKM, dengan memberikan pendampingan, terutama terkait perizinan lokasi produksi. Hal ini akan meningkatkan potensi sehingga mereka berani .

Sementara itu, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar salut atas kegigihan para pelaku UMKM yang terus berinovasi dan meningkatkan pemasaran meskipun di tengah kondisi pandemi.

“Saya sangat mengapresiasi atas kegigihan para pelaku UMKM, termasuk Mas Billy yang mampu menembus pasar . Ke depannya, juga tengah mempersiapkan tir-tir baru dari pelaku untuk mampu bersaing di tingkat yang lebih tinggi,” ujarnya.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri Lepas 35 Kafilah Ikuti Ajang Porsadin VI Jawa Timur

Ia juga mengingatkan, bahwa kualitas dan keberlanjutan produksi juga mempengaruhi minat beli pasar terhadap produk tersebut. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO