Urus Aminduk Sehari Jadi, Program Ini Jadi Andalan Pemkab Kediri

Urus Aminduk Sehari Jadi, Program Ini Jadi Andalan Pemkab Kediri Suasana saat warga mengurus dokumen kependudukan di Kantor Dispendukcapil Kabupaten Kediri. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui dinas kependudukan dan catatan sipil (dispendukcapil) memiliki program andalan bernama 'Satu Hari Jadi Online' (Sahaja). Ini merupakan program layanan cepat yang sekaligus menjadi jawaban dan solusi semua permasalahan masyarakat terkait pengurusan dokumen kependudukan.

Bupati , Hanindhito Himawan Pramana, mengatakan bahwa dengan program tersebut, tidak ada lagi nanti masyarakat di wilayahnya yang mengeluh ketika mengurus KK, KTP, akta, dan dokumen kependudukan lainnya. Bahkan, masyarakat cukup mengurus dokumen via online atau handphone, tidak perlu antre.

“Prioritas kami (pemerintah) adalah mempermudah masyarakat dalam hal pelayanan. Masyarakat tidak perlu antre di kantor dispendukcapil, cukup daftar via online atau di desa masing-masing,” ujarnya, Senin (8/11).

Selain Sahaja Lekat yang ada di kantor dispendukcapil, ia menuturkan Kabupaten kini juga memiliki sejumlah layanan publik di kecamatan, layanan kependudukan di desa, dan mobil keliling untuk pelayanan warga penyandang disabilitas. Titik layanan kecamatan itu akan terus ditambah.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil , Wirawan, menjelaskan melalui Program Sahaja warga bisa mengurus layanan kependudukan yang hasilnya akan dikirimkan via email dalam waktu 24 jam. Program tersebut bisa menampung 250 permohonan dokumen setiap harinya.

“Kami utamakan pengurusan dokumen kependudukan sehari langsung jadi. Pemberitahuan hasilnya akan dikirim via email kurang dari 24 jam,” kata Wirawan.

Program ini resmi diterbitkan oleh Bupati pada 27 Agustus 2021, di Pendopo Djayati. Sahaja merupakan inovasi Pemkab , juga sebagai program percontohan nasional dalam hal pelayanan masyarakat. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO