Puluhan Knalpot Brong Hasil Razia Balap Liar di Sidoarjo Dihancurkan

Puluhan Knalpot Brong Hasil Razia Balap Liar di Sidoarjo Dihancurkan Pemusnahan puluhan knalpot brong dengan cara dipotong, di Mapolresta Sidoarjo, Senin (8/11).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Puluhan knalpot brong yang terpasang di sejumlah motor yang terjaring razia balap liar di , , Minggu (7/11/2021) dini hari kemarin, dihancurkan oleh pemiliknya di hadapan orang tuanya.

Edi (51), asal Purwosari, Pasuruan, Ayah dari salah satu pemuda yang terjaring razia balap liar di , mengucapkan terima kasih atas upaya polisi. Dengan upaya seperti ini, ia berharap dapat menekan kenakalan remaja.

Baca Juga: Kuatkan Sinergitas, Polresta Sidoarjo Beri Kejutan Bawa Tumpeng dan Kue untuk HUT TNI Ke-79

“Tidak tahu kalau putra saya modifikasi knalpot brong, motornya ikut-ikutan balap liar. Tidak apa, anak saya terjaring razia dan knalpot brongnya harus dirusak. Kalau sudah begini, biar anak saya jera dan mau mengembalikan motornya menjadi standar,” kata Edi di Mapolresta lama, Senin (8/11/2021).

Pada razia balap liar tersebut, Polresta mengamankan 141 kendaraan roda dua yang tidak memenuhi standar, seperti menggunakan knalpot brong, ban terlalu kecil, motor protolan tidak standar, dan sebagainya.

Baca Juga: Kampanyekan Pilkada Damai, Polresta Sidoarjo Sebar Imbauan Anti-Hoaks

Selain itu, di lokasi balap liar polisi mengamankan satu barang bukti kendaraan roda empat dari luar wilayah , yang di dalamnya terdapat motor siap diturunkan untuk adu balap liar.

“Perbuatan mereka meresahkan masyarakat. Serta membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Karenanya silakan laporkan kepada kami apabila masih adanya aksi balap liar, dan kami akan turun langsung untuk merazia,” kata Kapolresta Kombes Kusumo Wahyu Bintoro.

Baca Juga: Pria Asal Bogor Dicokok Polisi di Sidoarjo Usai Pekerjakan 4 Anak di Bawah Umur sebagai PSK

Guna memberikan efek jera bagi 263 orang pemuda yang terjaring razia balap liar, mereka akan dilakukan pembinaan. Yakni membuat surat pernyataan di hadapan orang tua, serta perangkat desa, agar mereka tidak kembali terlibat balap liar.

Sementara pemuda yang terbukti melakukan pelanggaran balap liar, motor tidak sesuai standar maupun tidak memiliki surat kelengkapan berkendara, maka akan dilakukan tilang dan harus mengikuti sidang di pengadilan. Setelah itu baru pengambilan motor di Polresta .

“Saat pengambilan motor nanti juga kami syaratkan agar motor-motor yang sudah dimodifikasi atau tidak sesuai standar, harus dikembalikan standar dan dengan surat pernyataan di hadapan orang tua dan perangkat desanya. Tujuannya agar jangan sampai mengulangi perbuatan balap liar lagi," pungkas Kusumo. (cat/rev)

Baca Juga: Polisi Ungkap Motif Pembunuhan di Jalan Cendrawasih Sidoarjo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO