Lindungi Penumpang, Awak Bus Dites Urine dan Rapid Antigen di Terminal Kota Kediri

Lindungi Penumpang, Awak Bus Dites Urine dan Rapid Antigen di Terminal Kota Kediri Kasatnarkoba Polres Kota Kediri AKP Subijanto (kanan) dan Kepala Dishub Kota Kediri Didik Catur (tiga dari kanan) saat meninjau pelaksanaan kegiatan tes urine dan kesehatan untuk awak bus. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE.com

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Jelang libur Natal dan tahun baru 2022, petugas gabungan dari Pemkot Kediri (Dinas Perhubungan) dan (Satnarkoba) dibantu petugas dari Rumah Sakit Bhayangkara , melakukan test urine dan kesehatan bagi para sopir bus antar kota di Terminal Bus Tamanan, , Jumat (24/12).

Tes urine dan kesehatan bagi para awak bus tersebut dilakukan sebagai upaya antisipasi dan pencegahan kecelakaan, yang disebabkan pengemudi yang mengonsumsi narkoba atau kurang fit saat membawa penumpang.

Baca Juga: Polres Kediri Kota Tangkap Pelaku yang Aniaya Adik Kadungnya hingga Tewas, Apa Motifnya?

Pantauan di lapangan, satu per satu para pengemudi dan kondektur bus yang datang bersama armadanya di Terminal Tamanan diminta turun untuk menjalani dan tes kesehatan termasuk, tes rapid antigen.

Pengambilan urine para sopir bus dan awak bus lainnya ini diawasi oleh petugas, dengan berjaga di depan pintu kamar mandi. Selanjutnya, urine dari para awak bus ino diperiksa menggunakan alat monotest.

Dengan teliti, petugas memeriksa urine para awak bus untuk mengetahui apakah pengemudi tersebut positif mengonsumsi narkoba atau tidak. Selanjutnya, para awak bus juga diperiksa kesehatannya, termasuk tes rapid antigen untuk memastikan kondisi para awak bus sehat dan fit saat membawa penumpang.

Baca Juga: Hari Pertama Pemutihan Pajak, Kasatlantas Kediri Kota Pastikan Pelayanan Bebas Pungli

Kasatnarkoba Polres AKP Subijanto, mengatakan dengan pemeriksaan kesehatan ini, diharapkan bisa mengantisipasi dan meminimalisir adanya kecelakaan.

"Diharapkan dengan adanya dan pemeriksaan kesehatan para sopir dan awak bus ini, mereka siap untuk mengantar atau membawa penumpang yang akan merayakan ," katanya.

Sementara itu, Kepala Dishub Didik Catur mengatakan, rangkaian pemeriksaan kesehatan, dan rapid antigen ini bertujuan melindungi para penumpang. Karena sangat berbahaya apabila ada sopir yang mengemudikan kendaraan dalam keadaan tidak fit atau mengonsumsi narkoba.

Baca Juga: Gegerkan Warga Balowerti Kediri, Kakak Bunuh Adik Usai Pesta Miras

"Sehingga mereka siap untuk mengantar atau membawa penumpang yang akan merayakan , sekaligus menekan angka kecelakaan. Rencananya tes ini akan dilakukan hingga tanggal 2 Januari 2022 mendatang secara acak," ujarnya.

Menurut Didik, pihaknya juga akan mengintensifkan operasi demi menegakkan protokol kesehatan menjelang libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, mengingat saat ini masih pandemi Covid-19.

“Kegiatan yang kami selenggarakan menghadapi liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, yaitu Operasi Lilin Semeru, pemantauan arus melalui CCTV, dan perbaikan sarana prasarana transportasi,” pungaksnya sembari mengatakan bahwa kegiatan akan terus dilaksanakan secara acak di beberapa titik. (uji/ns)

Baca Juga: Masuk Nominasi Award Peduli Ketahanan Pangan, Pj Wali Kota Kediri Paparkan Sejumlah Program

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO