Mas Abu Launching dan Jajal Bus Satria Keliling Kota Kediri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Mas Abu Launching dan Jajal Bus Satria Keliling Kota Kediri

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Jumat, 01 September 2023 16:11 WIB

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat menjajal Bus Satria. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Abdullah Abu Bakar melaunching atau akronim dari Sarana Transportasi Kediri Bahagia di Memorial Park, Jumat (1/9/2023). Pimpinan daerah yang akrab disapa Mas Abu itu juga menjajal bus untuk mengelilingi .

 tidak mematikan moda transportasi umum yang sudah ada, melainkan untuk melengkapi. Sebab, jalur dan rutenya berbeda dengan transportasi umum. Adanya bus ini juga untuk menghubungkan dan sebagai feeder (pengumpan) bagi transportasi umum lainnya, seperti becak untuk menuju lokasi yang tidak dilaluinya.

" ini fasilitasnya bagus, dan memang sudah kita bicarakan lama dengan kepala dishub dan sekretaris daerah, bahwa kita sudah waktunya memiliki transportasi umum yang layak. Bus ini juga tetap digunakan sebagai bus sekolah, karena jam operasionalnya setelah antar dan jemput sekolah. Harapannya bus ini bisa menjadi bahan percontohan," kata Mas Abu.

Ia menambahkan, adanya ini untuk mengantisipasi kemacetan. Selain itu, bus ini juga menghubungkan fasilitas umum dan sosial yang ada di . Rute yang akan dilewati sementara hanya di tengah kota saja dengan jeda waktu antar bus atau headway adalah 30 menit. 

Tujuan dilakukan pengaturan waktu tersebut agar orang yang akan menaiki mengetahui kapan bus akan datang. Terdapat 3 armada yang baru dilaunching, dan rencananya akan ditambah 2 armada lagi yang masih dalam proses penyelesaian. 

Apabila armada semakin banyak, Mas Abu menyebut rute yang dilalui juga bisa menyentuh bagian paling timur dan selatan .

"Bagi masyarakat yang ingin menaiki ini gratis dan bus hanya boleh berhenti di tempat pemberhentian, yaitu di halte maupun stop bus," ucapnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video