Menilik Pengabdian Penjaga Candi Sumur di Sidoarjo, tetap Mengabdi meski Honor Dibayar Triwulan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Menilik Pengabdian Penjaga Candi Sumur di Sidoarjo, tetap Mengabdi meski Honor Dibayar Triwulan

Kamis, 17 September 2015 23:15 WIB

RITUAL - Candi sumur juga kerap dijadikan tempat untuk persembahyangan. foto: satria muhlis/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Memilih mengabdikan diri sebagai seorang juru kunci atau juru pelihara candi bukan perkara ringan. Sebab, honor yang diterima sangat minim. Selain itu, honor yang diterima tidak ajeg. Sehingga, butuh kesabaran hingga mencapai hidup berkecukupan.

Begitu yang dirasakan Rusmadi (41) juru kunci Candi Sumur yang terletak di Desa Candi Pari Kecamatan Porong ketika mengawali bertutur suka duka hidupnya sebagai penjaga candi kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (17/9). Sebelumnya, Rusdi setelah lulus dari SMP pada tahun 1992, langsung bekerja sebagai tenaga honorer untuk menjaga candi. Sebelumnya, Candi Sumur dijaga oleh bapaknya.

Awal memulai menjaga Candi Sumur, Rusdi mengaku mendapatkan honor tak menentu karena diberikan 3 bulan sekali. Kendati demikian, dia tak putus asa dalam keinginannya menjaga dan merawat candi. Akhirnya, setelah pengabdian selama 17 tahun, Rusdi memetik buah manis karena diangkat sebagai PNS pada tahun 2009.

"Saya dulu cuma dibayar triwulan, mas. Tetapi, saya tak patah semangat untuk menjaga dan merawat candi ini," ucapnya sambil mengenang masa silam.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video